7 Ikan dan Seafood Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Ada Favoritmu?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 13:00 WIB
7 Ikan dan Seafood Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Ada Favoritmu? Foto: Getty Images/alle12
Jakarta -

Ikan dan seafood terkenal sebagai sumber protein yang penuh manfaat. Dari sekian banyak jenis yang tersedia di alam, inilah 7 ikan dan seafood paling sehat menurut ahli gizi.

Konsumsi ikan dan seafood merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan protein harian. Cita rasanya yang nikmat membuat dua makanan ini juga populer sebagai makanan harian banyak orang.

Mengolah ikan dan seafood pun bisa dengan banyak cara, dengan pilihan merebus atau mengukus sebagai yang tersehat. Manfaat sehatnya tak perlu diragukan, mulai dari mengurangi tekanan darah hingga cegah serangan jantung.

Mengonsumsi ikan dan seafood dijamin tak bakal bikin bosan karena ada banyak jenisnya. Semua memiliki keunggulan nutrisi masing-masing.

Ahli gizi lantas membuat daftar ikan dan seafood paling sehat yang bagus dikonsumsi rutin. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Good Housekeeping (28/9):

1. Salmon

Salmon disebut 'ratunya' ikan karena sangat populer dan kaya nutrisi. Ahli gizi Grace DeRocha menyebut salmon kaya kandungan kalsium dan vitamin D.

Paling bagus mengonsumsi salmon liar yang hidup di laut bebas karena minim paparan kontaminan. Salmon juga tinggi asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung hingga otak. Kelebihan lainnya, salmon gampang diolah, bahkan sesederhana dipanggang saja, teksturnya sudah lembut dan rasanya sudah enak.

2. Tuna kalengan

7 Ikan dan Seafood Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Ada Favoritmu?7 Ikan dan Seafood Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Ada Favoritmu? Foto: Getty Images/alle12

Siapa sangka tuna kalengan juga termasuk jenis ikan yang paling sehat? Olahan ikan kemasan ini begitu praktis, bisa dijadikan isian sandwich hingga langsung ditumis.

"Tuna kaya asam lemak omega 3, vitamin D, dan selenium yaitu mineral yang berperan sebagai antioksidan ampuh untuk tubuh," kata Valerie Agyeman. Antioksidan mampu melindungi tubuh dari stress oksidatif dan kerusakan sel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com