5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 04 Okt 2021 07:00 WIB
5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/ljubaphoto
Jakarta -

Saat diet sering kali keinginan ngemil tak bisa dicegah. Untuk mengakalinya, kamu bisa ikuti tips ngemil sehat ini. Kamupun tak perlu merasa bersalah saat ngemil!

Selain makanan utama, camilan atau makanan kecil sering kali dikonsumsi sehari-hari. Sayangnya kebiasaan ini kerap dicap buruk, padahal dari sisi kesehatan, ngemil bukanlah hal buruk.

Ngemil termasuk waktu makan yang disarankan untuk dilakukan di antara jeda waktu makan utama. Ngemil menjadi buruk ketika kamu memilih makanan tinggi kalori, gula, atau lemak sebagai asupan.

Sebaliknya, jika kamu memilih makanan yang sehat dan porsi yang tepat, ngemil tidak akan berdampak buruk pada kesehatan. Para pelaku diet pun tidak perlu khawatir berat badannya bakal naik kalau ngemil.

Pilihlah jenis camilan yang kaya serat dan protein. Dua zat gizi ini akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak tergoda untuk makan berlebih.

Dilansir dari Eating Well (14/3/18), inilah 7 tips ngemil sehat yang tak bikin berat badan naik:

1. Kunyah perlahan

Mengunyah perlahan hingga makanan menjadi sangat halus dinilai baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian juga menemukan orang yang mengunyah almond dengan sempurna (sampai 40 kali kunyahan), merasa kenyang lebih lama dibanding mereka yang makan almond namun mengunyahnya lebih sedikit. Dengan cara ini, kamu bakal terhindar dari keinginan makan atau ngemil berlebih.

2. Ngemil jeruk

5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/ljubaphoto

Buah citrus, khususnya grapefruit, dinilai sebagai camilan sehat yang bahkan membantu penurunan berat badan. Dalam suatu penelitian terlihat bahwa orang yang ngemil grapefruit setiap habis makan utama, mengalami penurunan berat badan hingga 1,5 kg selama 3 bulan. Grapefruit bisa menekan selera makan dengan mengurangi kadar insulin.

3. Kombinasikan protein dan karbohidrat

Tips ngemil sehat selanjutnya adalah mengombinasikan protein dan karbohidrat. Misalnya almond campur jeruk atau kacang panggang yang terkenal nikmat. Menu ini juga kaya serat yang bisa bantu pelaku diet mencapai target berat badan yang diinginkan. Karbohidrat sendiri berperan sebagai sumber energi, sedangkan protein memberikan rasa kenyang karena dicerna lebih lambat di tubuh.

4. Sesekali boleh ngemil tinggi kalori

5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik5 Tips Ngemil Sehat yang Tak Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/ljubaphoto

Faktanya, sesekali memberi kesempatan diri kamu untuk menikmati camilan enak/tinggi kalori bukanlah masalah besar. Penelitian bahkan membuktikan hal ini tidak akan mengganggu proses penurunan berat badan. Kuncinya adalah mengatur porsi. Jika kamu ingin ngemil cokelat yang cenderung tinggi kalori, maka batasi asupan kalori saat mengonsumsi makanan utama.

5. Ngemil tanpa gangguan aktivitas lain

Layaknya melahap makanan utama, tips ngemil sehat ini juga melibatkan pikiran. Kamu disarankan untuk fokus ketika melahap camilan. Tujuannya agar kamu sadar sudah berapa banyak melahap camilan. Penting untuk menyediakan waktu khusus untuk ngemil, tanpa disambi dengan melakukan aktivitas lain seperti bekerja atau menonton TV. Cara ini terbukti membuat kamu merasa lebih puas dan makan lebih sedikit nantinya.



Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com