Duh! 5 Kesalahan Diet Ini Bikin Berat Badan Justru Makin Naik

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 10:30 WIB
Young woman ends her diet. Has she succeeded or failed? Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya sekedar defisit kalori dan mengurangi porsi makan saja. Banyak kesalahan diet yang secara tak sadar dilakukan orang, yang membuat berat badan justru naik.

Proses diet tidak selalu mudah, banyak rintangan dan tantangan yang harus dilalui setiap orang demi mencapai berat badan ideal. Mirip seperti pola makan, berbagai jenis diet dengan aturan yang berbeda bisa disesuaikan dengan memperhatikan kondisi tubuh hingga kesehatan.

Namun dibalik semua itu, ternyata masih banyak kesalahan yang dilakukan orang-orang saat diet. Kesalahan ini berhubungan dengan kebiasaan makan yang sulit disadari.

Dilansir dari Daily Mail UK (20/09), ahli gizi Susie Burrell dan Leanne Ward dari Australia. Menjelaskan kesalahan apa saja yang justru bikin berat badan naik saat diet.

Baca Juga: Tips Diet Sehat ala Cewek Korea, Turun BB 9 Kg dalam 7 Bulan!


1. Cheating Day

Dieting or good health concept. Young woman rejecting Junk food or unhealthy food such as donut or dessert and choosing healthy food such as fresh fruit or vegetable.Dieting or good health concept. Young woman rejecting Junk food or unhealthy food such as donut or dessert and choosing healthy food such as fresh fruit or vegetable. Foto: iStock

Cheating day merupakan istilah dalam dunia diet, seseorang bebas menyantap makanan apapun yang mereka punya selama sehari atau jangka waktu tertentu. Fungsi dari cheating days ini digunakan banyak orang, untuk mengobati rasa rindu mereka terhadap makanan dan minuman tinggi kalori yang mereka idamkan saat diet.

Menurut Leanne, kebanyakan orang-orang makan sehat dan diet ketat selama hari kerja. Tapi di akhir pekan, mereka kalap menyantap semua makanan tinggi kalori dengan tanggapan bahwa mereka bisa diet lagi di hari Senin.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Sehat

Shot of a young woman looking unhappy while making a healthy snack with fruit at homeShot of a young woman looking unhappy while making a healthy snack with fruit at home Foto: Getty Images/Moyo Studio

Masalah kedua yang sering dilakukan orang adalah konsep makanan sehat. Banyak yang merasa selama mereka menyantap makanan sehat, meski porsinya banyak dan melimpah kalorinya akan tetap sedikit.

Padahal hal ini tak sepenuhnya benar. Menurut Susie, kebanyakan orang menyantap makanan sehat secara berlebihan yang kalorinya sama dengan maanan biasa. Apalagi produk makanan sehat seperti es krim hingga roti rendah kalori.

"Memang mudah untuk keliru dan terkecoh produk makanan sehat ini, serta melupakan aturan porsi makanan. Padahal itu yang paling penting dalam proses penurunan berat badan," jelas Susie

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com