Waktu Terbaik Mengonsumsi Cuka Apel, Pagi atau Malam?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 03 Okt 2021 05:00 WIB
Waktu terbaik saat minum cuka apel Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Telah banyak diketahui kalau cuka apel dapat memberikan manfaat dalam menurunkan berat badan. Lantas, kapan waktu terbaik mengonsumsi cuka apel?

Cuka apel atau apple cider vinegar, minuman yang terbuat dari buah apel fermentasi. Minuman ini disebutkan menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari Health Line (24/8), sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sendok teh dalam sehari bisa membantu menurunkan berat badan. Cuka apel bisa mengurangi lemak yang menumpuk di dalam perut.

Waktu terbaik saat minum cuka apelWaktu terbaik saat minum cuka apel Foto: Getty Images/iStockphoto

Cuka apel mengandung kalori yang rendah, hanya sebesar 3 kalori dalam 1 sendok teh (15ml). Karena kalorinya yang rendah inilah, cuka apel dikonsumsi sebagai minuman detoksifikasi.

Baca Juga: Pose Keren Anggie Jesey yang Viral Beli Tempe Naik Vespa Dior Rp 1.35 M

Dilansir dari Times of India (13/4), kalau kamu mengonsumsinya secara rutin, cuka apel dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula darah. Cuka apel juga dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak. Tak hanya itu, baik juga untuk kesehatan jantung dan menjaga imunitas.

Biasanya banyak orang mengonsumsi cuka apel di pagi hari untuk membantu pembakaran lemak, sehingga berat badan bisa turun dengan cepat. Namun, apakah kalau dikonsumsi pada malam hari juga bisa terasa maksimal?

Sebenarnya tak ada aturan waktu khusus dalam mengonsumsi cuka apel. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa cuka apel yang dikonsumsi pagi hari dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Karena, cuka apel bekerja sebagai detoksifikasi yang dapat membersihkan racun pada tubuh di pagi hari.

Baca Juga: Sandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef Tersinggung

Waktu terbaik saat minum cuka apelWaktu terbaik saat minum cuka apel Foto: Getty Images/iStockphoto

Cuka apel juga banyak dikonsumsi beberapa saat sebelum memulai olahraga. Banyak orang memepercayai kalau mengonsumsinya dapat menyeimbangkan pH, meningkatkan energi, hingga meminimalkan kelelehan.

Sedangkan, cuka apel juga baik dikonsumsi pada malam hari. Menurut beberapa orang yang mengonsumsinya sebelum tidur, cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah.

Ada juga yang mengonsumsi cuka apel sebelum makan. Beberapa orang menyebutkan kalau cuka apel dapat memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk diet.

Baca Juga: Pantangan Setelah Vaksin, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini!



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com