7 Makanan Tinggi Nutrisi untuk Penderita Darah Rendah

Devi Setya - detikFood Sabtu, 02 Okt 2021 05:00 WIB
konsumsi susu dan keju di amerika Foto: Getty Images
Jakarta -

Orang yang mengalami darah rendah biasanya terlihat pucat, lemas dan merasa pusing. Kembalikan tensi darah menjadi normal dengan mengonsumsi beberapa makanan enak.

Tekanan darah rendah sama bahayanya dengan tekanan darah tinggi. Orang yang mengalami darah rendah biasanya merasakan pusing, sakit kepala, badan terasa lemas dan tidak bersemangat.

Biasanya tekanan darah rendah dialami orang yang memiliki nilai 90/60 saat dilakukan pengecekan dengan alat tensi.

Jika dibiarkan, tekanan darah rendah berpotensi menyebabkan aliran darah yang tidak memadai ke jantung, otak dan organ vital lainnya. Salah satu cara untuk membuat tekanan darah kembali normal adalah dengan mengasup makanan tinggi nutrisi.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat tekanan darah rendah menjadi normal kembali:

1. Makanan tinggi vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Banyak makanan yang mengandung vitamin B12, seperti daging sapi, telur, sarden, tuna, susu dan juga hati ayam. Jika mengalami darah rendah, cobalah lebih banyak dan rutin mengonsumsi makanan ini.

Dikutip dari Healthline (1/10), terlalu sedikit mengonsumsi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Biasanya tekanan darah rendah juga diiringi dengan rendahnya kadar HB dalam darah sehingga harus segera diatasi agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

tekanan darah rendah7 Makanan Tinggi Nutrisi untuk Penderita Darah Rendah Foto: iStock

2. Makanan tinggi folat

Terlalu sedikit kandungan folat di dalam tubuh juga bisa menyebabkan anemia yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan. Asam folat juga diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui untuk perkembangan bayi.

Beberapa makanan yang mengandung folat antara lain asparagus, kacang-kacangan, buah jeruk, sayuran hijau hingga telur. Selain mengonsumsi makanan tinggi folat, kamu juga bisa menyertai konsumsi suplemen asam folat jika tekanan darah terlalu rendah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com