ADVERTISEMENT

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Vaksin Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 02 Okt 2021 07:00 WIB
Amankah minum kopi setelah vaksinasi Covid-19? Berikut penjelasan para ahli.
Foto: iStock

2. Makanan olahan

Blue packet of crisps with cheese and spring onion flavourFoto: iStock

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin Covid-19 adalah makanan olahan. Makanan ini didefinisikan sebagai makanan yang sudah diubah atau dibuat berbeda dari bentuk aslinya. "Makanan olahan cenderung dibuat dari bahan-bahan tak sehat, seperti tepung, gula, dan lemak tak sehat," kata ahli gizi Torey Armul.

Makanan olahan juga ditambahkan banyak lemak, garam, dan gula untuk membuat rasanya nikmat, disukai, dan bikin nagih. Makanan olahan termasuk keripik kentang, donat, sereal dengan gula tambahan, hingga roti putih.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan bisa memicu inflamasi, meningkatkan permeabilitas usus, dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Semua hal ini berkaitan erat dengan sistem imun tubuh.

3. Minuman energi

Minuman energi diklaim dapat membangkitkan energi dengan cepat, tapi waspadai konsumsinya. Jenis minuman ini juga bisa membahayakan kesehatan karena mengandung banyak gula, bahan pengawet, pewarna, hingga perasa buatan.

"Minuman energi dipenuhi stimulan seperti kafein dan turunan seperti efedrin yang membebani kelenjar adrenal Anda, membuat Anda bergantung pada mereka untuk 'energi'," ujar ahli kesehatan, Chris Fernandez.

Ia hanya menyarankan satu hal untuk minuman ini. "Jangan meminumnya," kata Fernandez.



Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT