5 Makanan Ini Tingkatkan Risiko Demensia, Waspadai Konsumsinya

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 01 Okt 2021 07:00 WIB
5 Makanan Ini Tingkatkan Risiko Demensia, Waspadai Konsumsinya
Foto: Getty Images/iStockphoto

5. Pastry dan Makanan Manis

5 Makanan Ini Tingkatkan Risiko Demensia, Waspadai Konsumsinya5 Makanan Ini Tingkatkan Risiko Demensia, Waspadai Konsumsinya Foto: Getty Images/iStockphoto

Hidangan olahan seperti pastry dan kue-kue manis sebaiknya sudah mulai dikurangi ataupun dihentikan oleh orang dewasa. Walaupun beberapa pastry cenderung terasa gurih tetapi kandungan gula dan menteganya terlalu tinggi untuk disebut aman dikonsumsi oleh orang dewasa.

Menurut diet MIND, pastry juga termasuk ke dalam makanan olahan yang harus dihindari untuk menjaga kestabilan tekanan darah serta kesehatan jantung. Sebisa mungkin hindari konsumsi pastry dan pilih roti tinggi serat seperti gandum yang dibikin secara manual tanpa penggunaan bahan-bahan tambahan terlalu banyak.

Kandungan gula dan mentega yang tinggi baik pada pastry maupun kue-kue manis seringkali tidak disadari dan membuat penumpukan di dalam tubuh. Konsumsi pastry dan kue-kue manis ini diakui oleh ahli kesehatan dan peraturan pada diet MIND hanya diperbolehkan kurang dari empat buah atau empat potong per minggunya.

Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat Terbukti Bikin Otak Lebih Cerdas


(dfl/adr)