Konsumsi Makanan Sehat Terbukti Bikin Otak Lebih Cerdas

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 11:00 WIB
Makanan sehat Foto: iStock
Jakarta -

Makanan sehat ternyata bukan hanya baik untuk menjaga organ tubuh, tapi juga bikin cerdas. Sebuah penelitian mengungkap makanan sehat memberi pengaruh pada kecerdasan otak.

Ada istilah, "kamu adalah apa yang kamu makan" artinya kondisi tubuh kamu menyesuaikan dengan apa yang dikonsumsi. Ketika seseorang punya kebiasaan makan makanan sehat maka bisa dipastikan organ tubuhnya juga sehat.

Demikian juga untuk orang yang tak peduli dengan santapannya. Makanan berlemak, makanan olahan ataupun makanan cepat saji akan membuat organ tubuh mengalami masalah kesehatan. Ternyata bukan hanya berpengaruh pada kesehatan, makanan sehat juga memberi dampak positif pada kecerdasan.

ilustrasi otakKonsumsi Makanan Sehat Terbukti Bikin Otak Lebih Cerdas Foto : iStock


Dilansir dari Standard-Freeholder (26/7) sebuah penelitian mengungkap kalau makanan sehat mempengaruhi kecerdasan seseorang. Kesehatan otak dan fungsinya bisa makin optimal apabila rutin mengonsumsi makanan sehat.

Bonnie Kaplan adalah profesor di Cumming School of Medicine di University of Calgary. Dia adalah peneliti sekaligus penulis buku yang aktif membahas soal perkembangan dan kesehatan mental. Ia tertarik meneliti bagaimana nutrisi berkontribusi pada perkembangan otak dan fungsi otak.

Dalam hal ini, Kaplan mencontohkan pola makan sehat yakni seperti halnya menjalani diet mediteranian. Diet ini mengharuskan orang makan banyak sayuran dan buah, sementara membatasi asupan daging dan makanan tinggi lemak.

Hasil penelitiannya ini telah diakui secara internasional. Kaplan bekerja sama dengan Dr. Julia Rucklidge, seorang profesor psikologi klinis di University of Canterbury. Rucklidge telah menjalankan uji klinis dan menyelidiki peran mikronutrien dalam pengobatan penyakit mental selama beberapa dekade.

Buku terbaru Kaplan dan Rucklidge yang berjudul The Better Brain, berisi tentang pembahasan dan pengobatan berbagai masalah mental seperti kecemasan dan depresi. Buku ini juga membahas asupan nutrisi turut mempengaruhi fungsi kerja otak.

Makanan tinggi lemak dan karbohidrat tidak sehat meningkatkan sitokin yang menyebabkan fungsi otak menurun. Jika terus menerus mengonsumsi makanan tak sehat maka akan terjadi kerusakan signifikan pada otak.

7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli GiziKonsumsi Makanan Sehat Terbukti Bikin Otak Lebih Cerdas Foto: iStock

Makanan sehat terbukti memberi nutrisi pada otak sehingga membuat sehat dan efeknya menjadikan seseorang lebih pintar. Otak selalu 'haus' akan bahan bakar berupa nutrisi, ketika nutrisinya tepat maka otak bisa bekerja optimal. Hasil akhirnya yakni seseorang yang makan makanan sehat memiliki otak lebih cerdas.

Dr. Allan Donsky, yang memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai psikiater mengatakan, semakin baik dan sehat makanan yang dikonsumsi maka semakin sehat juga kondisi otak.

"Kondisi otak yang lebih baik akan memicu pikiran yang lebih baik juga, meningkatkan kesehatan mental dan spiritual yang mengarah pada kesejahteraan yang lebih besar," ujarnya.



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com