Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut Numpuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 30 Sep 2021 07:00 WIB
Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut Numpuk
Foto: Getty Images/katleho Seisa

3. Makan di piring besar

Terlihat sepele, namun kebiasaan buruk yang bikin lemak perut menumpuk selanjutnya adalah makan di piring besar. Sebuah penelitian Cornell menemukan 98.6 persen orang obesitas memilih makan di piring besar. Artinya: lebih banyak makanan, lebih banyak kalori, dan lebih banyak lemak menumpuk di perut.

Untuk mengakalinya, selalu batasi porsi makan. Pilih piring atau wadah makan yang lebih kecil. Cara ini bisa memastikan seseorang memantau asupan makanannya dengan lebih ketat.

4. Makan sambil beraktivitas

Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut NumpukIni 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Lemak Perut Numpuk Foto: Getty Images/katleho Seisa

Kebiasaan makan sambil beraktivitas dilakukan banyak orang, baik makan sambil kerja atau sekadar makan sambil menonton televisi. Kebiasaan ini tergolong buruk karena pikiran jadi tidak fokus.

Ahli gizi Leslie Schilling berujar, "Ketika pikiranmu fokus pada hal selain makanan, kamu tidak akan menyadari apakah makanannya benar-benar enak? Apakah saya semakin kenyang? Hal ini memicu kebiasaan makan berlebih. Makanlah dengan tujuan dan pikiran yang benar-benar 'hadir'," ujarnya. Untuk menghindarinya, selalu meminimalisir aktivitas yang 'mengganggu' waktu makan.

5. Makan buru-buru

Kebiasaan makan buru-buru juga berdampak pada penumpukan lemak perut. Perlu diketahui, perut butuh waktu 20 menit untuk menyampaikan sinyal kenyang ke otak. Sebuah penelitian dalam Journal of the American Dietetic Association menemukan, seseorang yang makan perlahan mengonsumsi 66 kkal lebih sedikit dari tiap makanan yang disantap, dibanding mereka yang makan cepat.

Meski terlihat kecil, jumlah 66 kkal sejatinya cukup besar jika dikalkulasikan dengan total makanan yang disantap per hari. Untuk mengakalinya, cobalah makan perlahan. Kamu bisa 'beristirahat' sejenak tiap usai mengunyah sesendok makanan. Usahakan juga mengunyah makanan lebih banyak untuk mengurangi asupan kalori.



Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]