Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan Manis

Riska Fitria - detikFood Selasa, 28 Sep 2021 08:00 WIB
Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan Manis Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu merasa bahwa kamu selalu ngidam makan makanan manis setiap saat? Mungkin beberapa alasan ini adalah penyebabnya.

Rasa manis memang bisa memberikan perasaan bahagia. Namun, jika mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu sering bisa menjadi sebuah pola makan yang buruk.

Alhasil kamu selalu menginginkan makanan dan minuman manis setiap waktu. Di samping itu, selalu ngidam makanan manis bisa menjadi akibat dari kekurangan nutrisi.

Dengan begitu, tubuh akan merasa lemas dan saat itulah hormon mengatur otak untuk menginginkan makanan manis. Hati-hati, terlalu sering makan manis bisa berbahaya.

Dilansir dari Body and Soul (01/09), berikut 6 alasan mengapa kamu selalu ngidam makanan manis:

1. Kurang Tidur

Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan ManisIni 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan Manis Foto: iStock

Masalah kurang tidur dapat memengaruhi keinginan untuk makan makanan manis. Umumnya orang membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam.

Menurut penelitian, kurang tidur selama satu malam saja bisa menurunkan fungsi bagian otak. Selain itu, kurangnya waktu tidur juga bisa mempengaruhi hormon ghrelin dan leptin.

Kedua hormon tersebut bisa meningkatkan dan menekan asupan makanan. Dengan begitu, produksi kortisol dan melatonin juga tidak aktif.

2. PMS

Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan ManisIni 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan Manis Foto: iStock

PMS atau Pre-Menstrual Syndrome adalah gejala sebelum seorang wanita mengalami menstruasi. PMS juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu selalu ngidam makanan manis.

Wanita dengan PMS lebih mungkin mengalami insomnia, kondisi itulah yang akhirnya menyebabkan mengidam gula. Selain itu, bersamaan pula hormon meningkat.

Secara ilmiah, itu terjadi karena kadar hormon stres bernama kortisol meningkat. Sementara hormon kebahagiaan bernama serotonin menurun.

Baca Juga: Mengapa Saat Haid Selalu Ngidam Makanan Manis? Ini Alasannya

3. Kekurangan Mineral

Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan ManisIni 6 Alasan Mengapa Kamu Selalu Ngidam Makanan Manis Foto: iStock

Tahukah kamu bahwa kekurangan zat besi atau mineral lainnya dapat membuat kamu kehilangan energi. Kondisi ini yang memungkinkan tubuh menginginkan makanan manis.

Sebab dalam kondisi itu tubuh akan menginginkan energi yang cepat untuk meningkatkan dirinya sendiri. Karenanya asupan makanan yang kaya akan zat besi.

Bukan hanya itu, ketidakseimbangan seng, kromium atau magnesium juga dapatbermanifestasi sebagai keinginan ngidam makanan manis juga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com