5 Camilan Sehat dan Enak untuk Penderita Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 10 Agu 2021 06:00 WIB
Konsumsi 1 Apel Sehari Bisa Tekan Resiko Kematian 35 Persen Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes harus waspada terhadap asupan makanan. Jika ingin camilan yang manis dan tetap aman, enam camilan yang direkomendasikan para ahli ini bisa dikonsumsi.

Bagi penderita diabetes, gula dari makanan manis ataupun karbohidrat menjadi musuh utama yang berbahaya. Hal ini disebabkan oleh produksi insulin pada penderita diabetes yang tidak akan cukup untuk mengolah asupan gula berlebih.

Ternyata penderita diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Sama sekali tidak mengonsumsi makanan manis justru akan menimbulkan hipoglikemia atau gula darah rendah yang dapat merujuk pada gejala seperti jantung berdebar, kesulitan konsentrasi atau bahkan hingga mengalami penurunan kesadaran.

Untuk tetap memenuhi kebutuhan asupan makanan manis, para ahli kesehatan masih mewajarkan konsumsi makanan manis yang sehat bagi penderita diabetes. Hanya saja jumlah dan jenis makanannya harus dibatasi agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Berikut ini 5 camilan manis yang sehat untuk penderita diabetes menurut Healthline (18/5):

bubuk coklat penambah energiFoto: Legal Lean

1. Dark Chocolate

Dark chocolate merupakan jenis coklat yang murni tanpa tambahan pemanis sehingga aman untuk penderita diabetes. Di supermarket dark chocolate bisa ditemukan dengan mudah dengan ciri khas kemasan yang bertuliskan kadar cacaonya. Biasanya mulai dari 60% hingga 70%.

Konsumsi dark chocolate masih diperbolehkan untuk penderita diabetes dengan batas aman tidak melebihi 28 gram dalam sekalimakan. Kandungan flavonoid yang ada dalam dark chocolate ini justru dianggap sebagai komponen yang bermanfaat untuk mencegah resisten insulin dan menjaga kesehatan jantung penderita diabetes.

2. Pir

Pir merupakan buah berair dengan rasa manis alami yang sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pir seberat 140 gram mengandung 4 gram serat dan 21,3 gram karbohidrat yang dicerna perlahan sehingga tidak akan meningkatkan gula darah terlalu cepat.

Konsumsi pir secara rutin justru dapat membantu menstabilkan kadar gula darah sesaat setelah makan sebuah pir. Menurut sebuah penelitian, konsumsi buah pir segar juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tubuh mengendalikan kadar gula darah.

Baca juga: 15 Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com