ADVERTISEMENT

5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 28 Sep 2021 05:00 WIB
5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW
Foto: iStock

3. Kopi Biji Kurma

Kopi biji kurma Kopi biji kurma5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW Foto: Getty Images/iStockphoto

Bukan hanya daging buah kurma saja yang bisa dikonsumsi, tetapi juga bijinya. Dikutip dari NCBI (15/02) biji kurma mengandung protein sebanyak 51,2 gram, serat 73,1 gram dan antioksidan.

Selain itu, biji kurma juga mengandung vitamin dan zat besi. Biji kurma kemudian dapat diolah menjadi kopi. Pertama, bersihkan biji kurma dengan merendamnya di air panas.

Gosok-gosok dengan tangan, rendah sekali lagi. Setelah bersih, jemur biji kurma di bawah sinar matahari selama 7-10 hari. Lalu keringkan dan dinginkan.

Baru kemudian biji kurma dapat digiling dan diseduh seperti kopi pada umumnya. Menurut dr. Zaidul Akbar minuman sehat ala Rasulullah SAW ini bisa meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Biji Kurma dan Manfaat Sehatnya

4. Jeruk Nipis Madu

5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW Foto: iStock

Hanya berbahan madu dan jeruk nipis juga bisa diolah jadi minuman sehat ala Rasulullah SAW, sebagaimana yang telah disebutkan beliau bahwa madu sangat menyehatkan.

Biasanya, Nabi Muhammad SAW selalu mengonsumsi madu setiap pagi saat keadaan perut masih kosong. Untuk membuat minuman ini juga dibutuhkan air.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis, madu dan air. Kemudian aduk sampai rata dan minuman pun siap diminum.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT