10 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Tim detikfood - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 06:00 WIB
Agar Paru-Paru Lebih Sehat, Konsumsilah 5 Makanan Kaya Omega 3 Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/cegli
Jakarta -

Makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan ini bagus dikonsumsi rutin selama pandemi Covid-19. Semuanya murah dan mudah didapat. Apa saja ya?

Paru-paru adalah organ tubuh vital yang perlu dijaga kesehatannya. Terlebih di masa pandemi Covid-19 dimana paru-paru rentan terkena serangan virus Corona.

Dengan menjaga kesehatan paru-paru, sesak nafas dan gangguan pernapasan lain juga bisa dicegah. Cara alami untuk mendapat paru-paru yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Beberapa makanan mengandung nutrisi penting, seperti antioksidan, yang bisa melindungi paru-paru dari infeksi. Makanan ini juga sifatnya murah dan mudah didapat.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, inilah 10 makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan:

1. Kunyit

Kunyit adalah rempah kaya manfaat. Kunyit mengandung antioksidan ampuh dan memiliki efek antiinflamasi. Kurkumin, komponen aktif utama dalam kunyit juga sangat bagus untuk mendukung kesehatan paru-paru.

Mengutip Healthline (6/9), penelitian yang dilakukan terhadap 2.478 partisipan, kurkumin terbukti memiliki khasiat yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi paru-paru. Bahkan bagi perokok, kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan paru-paru sebesar 9,2%. Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu atau rempah yang ditambahkan ke dalam makanan dan minuman lain.

2. Labu

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Foto: iStock

Makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan ini terkenal dengan teksturnya yang empuk. Kamu dianjurkan rutin mengonsumsi labu karena kaya karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Semua karotenoid ini bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan memiliki senyawa antiinflamasi. Penelitian membuktikan asupan karotenoid yang tinggi berkaitan dengan fungsi paru-paru yang lebih sehat pada kalangan dewasa muda maupun orang tua.

3. Apel

Saat ingin ngemil buah yang bagus untuk paru-paru, apel menjadi jawaban yang tepat. Penelitian membuktikan rutin makan apel bantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Konsumsi apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini karena kandungan antioksidan, termasuk flavonoid dan vitamin C yang tinggi pada apel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com