Cara Alami Mengembalikan Indra Penciuman dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 19:00 WIB
Anosmia or smell blindness, loss of the ability to smell, one of the possible symptoms of covid-19, infectious disease caused by corona virus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nenad Cavoski
Jakarta -

Tak perlu panik jika kehilangan indra penciuman. Ada banyak cara alami untuk mengembalikan indra penciuman, salah satunya dengan menggunakan lima makanan sehat ini.

Semenjak pandemi COVID-19, kehilangan indra penciuman menjadi salah satu gelaja atau indikasi dari seseorang terpapar virus satu ini. Meski sebagian orang biasanya mendapatkan indra penciuman mereka kembali dalam waktu beberapa hari, banyak juga yang panik karena tak kunjung pulih.

Kondisi ini disebut juga dengan anosmia, yang bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi hingga menicum aroma dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Seperti buah lemon, bawang putih, jahe dan masih banyak lagi.

Berikut lima makanan sehat yang bisa bantu pulihkan indra penciuman secara alami.

Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Herbal Ini untuk Kembalikan Indra Penciuman yang Hilang


1. Jahe

Ginger root and ginger powder in the bowlGinger root and ginger powder in the bowl Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki sederet khasiat. Bahkan selama pandemi COVID-19, jahe banyak dicari karena jahe adalah cara terbaik untuk mengembalikan indra penciuman.


Itu karena jahe mengandung senyawa aktif yang berperan membantu mengatasi kondisi hilangnya indra penciuman dan perasa. Cara mengonsumsinya, kamu bisa potong jahe dan kunyah secara perlahan.


Atau bisa juga membuat wedang jahe, yakni dengan menyeduh jahe dengan air hangat. Kamu dapat mengonsumsi wedang jahe setiap pagi sebelum beraktivitas.

2. Bawang Putih

Garlic on wooden cutting boardGarlic on wooden cutting board Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita


Bukan hanya sebagai bumbu penyedap, mengonsumsi bawang putih juga merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang efektif. Bawang putih dikemas dengan sifat anti inflamasi.


Sifat tersebutlah yang berperan melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman. Juga terdapat kandungan asam risinoleat yang menunjukkan bahwa sifat anti inflamasi dapat meringankan masalah hidung tersumbat.


Cara mengonsumsinya, ambil 2-3 siung bawang putih. Kemudian rebus hingga airnya mendidih. Air rebusan bawang putih itulah yang dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Tambahkan garam agar rasanya tidak terlalu menyengat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com