5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW

Riska Fitria - detikFood Selasa, 28 Sep 2021 05:00 WIB
5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan yang selalu menerapkan pola hidup sehat. Untuk kesehatannya beliau selalu minum minuman yang diracik dari rempah.

Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baiknya teladan bagi umat muslim. Beliau selalu mengajarkan sesuatu yang baik untuk kehidupan umatnya, termasuk juga soal kesehatan.

Karenanya, beliau selalu menganjurkan untuk menjalani pola hidup sehat yang dimulai dari makanan dan minuman. Tak perlu mewah, beliau selalu memanfaatkan hal-hal yang sederhana.

Misalnya rempah-rempahan yang tumbuh di sekitar tempat tinggalnya. Rempah-rempahan tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan minuman yang menyehatkan.

Seperti yang telah dirangkum dalam buku 'Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan' milik dr. Zaidul Akbar. Minuman rempah itu dapat mudah dibuat di rumah.

Berikut 5 minuman sehat ala Rasulullah SAW dari rempah-rempahan:

1. Power of Six

5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW Foto: iStock

Minuman rempah yang dinamakan Power of Six oleh dr. Zaidul Akbar ini menggunakan enam jenis rempah-rempahan, karenanya dinamakan Power of Six.

Rempah-rempahan tersebut adalah 1 ruas jahe, 1 batang serai, 1 ruas kunyit, 1/2 temu lawak, 1/2 kencur, 3/4 kayu manis.

Rempah-rempahan tersebut kemudian direbus sambil menambahkan air sebanyak 300 ml air. Untuk proses merebusnya dilakukan sampai keluar aroma rempahnya.

Setelah itu disajikan dengan gelas. Lalu tambahkan madu dan jeruk nipis untuk memberikan rasa manis dan segar.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

2. Ultimate Kunyit

5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW Foto: iStock

Kunyit merupakan rempah jenis tanaman rimpang yang dikenal berwarna kuning menyala. Kunyit juga bisa diolah menjadi minuman menyehatkan karena adanya senyawa kurkuminoid.

Minuman dari rempah kunyit ini dinamakan oleh dr. Zaidul Akbar dengan sebutan Ultimate Kunyit. Kunyit yang dibutuhkan adalah 2 ruas seukuran kelingking orang dewasa.

Kemudian juga dibutuhkan 2 ruas jahe sebesar jempol orang dewasa, 1/2 buah jeruk nipis lokal, madu, 300 ml air dan seujung sendok garam nonrafinasi.

Pertama, jahe dan kunyitdigeprek. Kemudian keduanya direbus sampaiaromanya keluar dan warna airnya berubah. Setelah itu bisa disajikan dengan menambahkan madu, garam dan air jeruk nipis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com