5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 06:00 WIB
5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW Foto: iStock
Jakarta -

Cuka dikenal dengan rasanya yang asam, namun tahukah kamu kalau Rasulullah SAW menyebutkan bahwa cuka adalah sebaik-baiknya lauk?

Cuka merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa asam. Ada banyak jenis cuka, tapi yang pasti cuka dibuat dengan melewati proses fermentasi.

Biasanya berupa cairan manis yang difermentasi untuk menghasilkan etanol atau bakteri asam asetat. Bahan-bahan yang digunakan adalah kelapa, kesemek, beras, madu, kurma dan lainnya.

Cuka pun sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Bahkan saat itu, cuka dijadikan sebagai pengganti lauk sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

1. Kisah Nabi Muhammad SAW Makan Cuka Sebagai Lauk

5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Kisah Nabi Muhammad SAW ini diceritakan oleh sahabat NabiJabi JabirIbnAbdullah. Suatu hari, Rasulullah SAW ingin makan dan meminta lauk kepada keluarganya.

Namun sayangnya, saat keluarga keluarga Rasulullah SAW tidak memiliki apa-apa. "Kita tidak punya apa-apa kecuali cuka," ujar keluarga Rasul.

Meskipun begitu, Rasulullah SAW tetap meminta cuka tersebut. Kemudian beliau pun langsung memakan cuka dan bersabda, "Sebaik-baiknya lauk adalah cuka," (HR. Muslim no. 2052).

Baca Juga: 5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka

2. Makan Cuka Demi Menyenangkan Perasaan Istri

5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW5 Fakta Cuka dalam Islam yang Disebut Lauk Terbaik oleh Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Sebenarnya, saat zaman Rasulullah SAW masih banyak makanan yang jauh lebih baik dijadikan lauk daripada cuka. Seperti sayur, daging, roti, kurma dan lainnya.

Lantas mengapa Nabi Muhammad SAW memakan cuka? Hal itu disebutkan sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. Selain itu juga maksudnya untuk menyenangkan perasaan sang istri.

Dalam ajarannya, Rasulullah SAW selalu menegaskan untuk tidak mencela makanan. Juga selalu memperlakukan istri dengan sebaik mungkin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com