7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 09:30 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Terdapat begitu banyak jenis cuka berdasarkan bahan utama yang dipakai. Setiap jenisnya ternyata punya manfaat tersendiri dalam memasak.

Cuka adalah salah satu pelengkap masakan yang wajib ada di dapur. Rasa asam yang diperoleh dari cuka ini sangat penting demi menjaga keseimbangan rasa dalam beberapa makanan tertentu.

Cuka bisa disebut cairan asam yang dibuat dari fermentasi makanan yang mengandung etanol (seperti anggur dan beras) atau gula alami. Gula diubah menjadi alkohol dengan bantuan ragi, yang difermentasi lagi menjadi cuka.

Cuka sebagian besar digunakan untuk memasak makanan ringan dan sehat. Ini menanamkan rasa asam yang unik serta dapat mengurangi lemak dalam makanan dan membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Nah, daripada bingung memilih jenis cuka yang baik, ada perlunya Anda memperhatikan jenis - jenis cuka berikut ini.

Baca Juga: Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara Ini

1. Cuka Putih

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: Istimewa

Cuka ini terbuat dari etanol atau asam asetat berbasis biji-bijian, yang dicampur dengan air agar yang dilarutkan dan cocok digunakan untuk memasak. Karena rasanya yang kuat, cuka putih sebagian besar digunakan untuk menambah rasa pedas pada makanan dan juga bisa digunakan menjadi alat untuk membersihkan rumah.

2. Cuka Beras

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: iStock

Cuka ini terbuat dari anggur beras, cuka ini adalah salah satu bahan masakan utama yang digunakan oleh masyarakat Asia karena menggunakan asam asetat yang rendah. Serta bisa juga untuk mengasinkan daging atau untuk membuat saus.

3. Cuka Balsamic

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: Istimewa

Cuka balsamic dibuat langsung dari anggur dan tidak mengandung alkohol. Rasanya perpaduan antara manis dan asam. Warnanya berwarna kehitaman dan paling manis dari semua jenis cuka. Anda dapat menggunakannya untuk saus salad.

4. Cuka Sari Apel

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: Istimewa

Selain menambahkan rasa asam ringan pada hidangan, cuka sari apel memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya, terutama untuk kulit dan rambut. Cuka ini terbuat dari sari apel dan memiliki warna kekuningan hingga kecoklatan. Dapat digunakan untuk memasak hidangan non-vegetarian, oatmeal, dan smoothies.

5. Cuka Kelapa

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: iStock

Terbuat dari getah kelapa, cuka kelapa menyuguhkan citarasa Asia otentik untuk hidangan Thailand dan beberapa hidangan India Selatan. Cuka kelapa terbuat dari getah kelapa, yang umumnya memiliki karakteristik rasa yang tajam, kuat, dengan sedikit ragi.

6. Cuka Anggur

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: Istimewa

Cuka anggur merah sedikit lebih pedas dan asam daripada cuka anggur putih. Cuka anggur sebagian besar digunakan untuk menyiapkan hidangan Eropa seperti sayur tumis dan salsa Meksiko.

7. Cuka Aren

7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? Foto: Istimewa

Cuka aren adalah cuka yang dihasilkan dari nira aren yang difermentasi. Pada saat proses fermentasi, nira aren akan menghasilkan alkohol sehingga keasamannya akan meningkat. Asam cuka aren ini biasanya juga dijadikan sebagai bahan penyedap rasa dan juga sering digunakan sebagai pengawet.

Baca Juga: Cuka Bisa Menurunkan Berat Badan? (lus/lus)