Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 01 Mei 2019 17:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Agar aman dan tak terpapar zat kimia, sebaiknya gunakan pembersih alami ini. Soda kue hingga cuka bisa membantu bersihkan oven Anda.

Gemar membuat kue, tentu oven selalu jadi alat yang sering digunakan. Tumpahan adonan kue dan lemak juga bisa meninggalkan noda pada oven. Kalau tak dibersihkan akan meninggalkan bau tak sedap.

Tak harus menggunakan bahan kimia. Dengan cara ini, Anda bisa membersihkan oven secara alami dengan hasil optimal. Pembersih yang mengandung wangi menyengat juga bisa membuat aroma kue atau makanan yang dipanggang menjadi aneh.

Supaya tidak berbahaya, Anda dapat membersihkan oven secara alami dengan sedikit cuka, soda kue, dan minyak. Seain itu, perlatan yang dibutuhkan adalah sarung tangan, kain lap basah, spatula silikon ataj plastik dan botol semprotan.

Berikut ini 7 cara membersihkan oven dengan soda kue dan cuka.

Baca Juga: Tak Punya Oven? Bikin Saja Dessert Enak Ini Untuk Lebaran

1. Kosongkan oven

Lepaskan rak oven, termometer oven, serta apapun yang ada didalam oven. Ini dilakukan agar And lebih mudah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang terselip di dalam oven

Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara IniFoto: Istimewa

2. Campur soda kue dengan air

Siapkan mangkuk kecil, campur 1/2 cangkir soda kue dengan beberapa sendok air. Sesuaikan rasio keduanya sesuai kebutuhan. Biasanya butuh sekitar 3 sendok makan air untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

3. Oleskan oven Anda

Oleskan soda kue yang telah dicampurkan air tersebut ke seluruh permukaan interior oven Anda. Untuk elemen pemanas, gunakan sarung tangan. Soda kue akan berubah warna kecoklatan saat Anda mengoleskannya. Oleskan kesemua area yang kotor dan berminyak.

Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara IniFoto: Istimewa

4. Biarkan semalaman

Diamkan olesan campuran soda kue di dalam oven setidaknya 12 jam, atau semalaman.

5. Bersihkan oven

Setelah 12 jam atau semalaman, ambil kain lap basah dan bersihkan bekas soda kue yang telah kering. Gunakan spatula plastik atau silikon untuk membantu mengikis bekas baking soda ditempat yang sulit terjangkau.

6. Semprotkan sedikit cuka

Masukkan sedikit cuka ke dalam botol semprot dan semprotkan dimana Anda melihat soda kue yang kering yang sulit dibersihkan. Cuka akan bereaksi yang akan berubah menjadi busa lembut sehingga mudah dibersihkan.

Bersihkan Oven Pakai Soda Kue dan Cuka dengan 7 Cara IniFoto: Istimewa

7. Lakukan pembersihan terakhir

Ambil kain lembab Anda dan bersihkan sisa campuran soda kue dan cuka yang berbusa. Ulangi sampai semua sisa soda kue hilang di oven. Tambahkan lebih banyak air atau cuka sesuai kebutuhan sambil dibersihkan agar oven benar-benar bersih dan mengkilap.

Baca Juga:Pria Ini Habiskan Rp 63 Juta Untuk Buat Oven Batu Demi Panggang Sapi (adr/lus)