5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 16 Jun 2019 08:14 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuka jadi bahan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih. Alat-alat dapur yang terkena noda bisa dengan mudah hilang saat diusap dengan cairan cuka.

Sebagian besar dari kita menganggap cuka sebagai zat penambah rasa. Cuka memiliki rasa asam sehingga sifat asamnya dapat menghilangkan noda.

Keasaman cuka berasal dari asam asetat, namun tidak sekeras bahan kimia yang dijual secara komersial. Cuka sangat berguna untuk membersihkan dapur dan peralatannya.

Baca juga: Wastafel Dapur Mulai Bau dan Kotor? Bersihkan dengan Cara Praktis Ini

1. Wastafel

5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan CukaFoto: Istock

Untuk noda yang tak bisa dihilangkan dengan sabun, Anda dapat membersihkannya dengan cuka. Tumpukan sisa makanan bisa membuat wastafel berkerak. Noda ini dapat berasal dari sisa teh ataupun kopi.

Agar lebih mudah menghilangkannya gunakan cuka putih. Cuka dapat menghilangkan noda dan mikroba sekaligus. Tuang cuka dan gosok dengan spons kemudian gunakan air untuk membilas.

2. Microwave

5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan CukaFoto: iStock


Jika Anda sudah memanggang makanan di dalam microwave. Cobalah gosok dengan menggunakan cuka. Campurkan 1/2 cangkir cuka dan 1/2 gelas air dalam wadah yang aman untuk microwave.

Masukkan campuran ke dalam microwave dan nyalakan selama tiga hingga lima menit. Keluarkan wadah dengan hati-hati lalu gunakan spons untuk membersihkan kotoran dengan mudah.

3. Alat seduh kopi

5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan CukaFoto: iStock

Cara kerja mesin pembuat kopi dapat tersumbat oleh deposit mineral. Itulah sebabnya, cuka bisa jadi ide bagus untuk membersihkannya setiap beberapa bulan.

Alat seduh kopi bisa dibersihkan dengan bantuan cuka. Gosok perlahan sampai nodanya hilang. Setelah itu bersihkan kembali dengan air biasa.

4. Oven

5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan CukaFoto: iStock

Oleskan soda kue yang telah dicampurkan air tersebut ke seluruh permukaan interior oven Anda. Untuk elemen pemanas, gunakan sarung tangan. Soda kue akan berubah warna kecoklatan saat Anda mengoleskannya. Oleskan kesemua area yang kotor dan berminyak.

5. Teflon

5 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan CukaFoto: iStock

Selain dengan air panas, Andapun bisa memanfaatkan air cuka untuk menghilangkan kerak gosong pada panci. Caranya, panaskan panci di atas kompor selama beberapa menit. Lalu, ketika panci sudah cukup panas, alirkan semangkuk air cuka pada bagian panci yang berkerak.

Biarkan selama beberapa menit sampai air cuka bereaksi. Selanjutnya, gunakan sepatula berbahan kayu untuk mengikis area panci yang terkena kerak gosong.

Baca juga: 7 Jenis Cuka, Fungsinya Untuk Masak Apa Saja ya? (lus/odi)