5 Fakta Diet Dopamin, Diet yang Bikin Langsing dan Bahagia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 08:00 WIB
5 Fakta Diet Dopamin, Diet yang Bikin Langsing dan Bahagia Foto: Getty Images/iStockphoto/Happycity21

5. Tips diet dopamin

Secara keseluruhan, ahli gizi Emer Delaney punya tips terbaik untuk jalani diet dopamin. Berikut tipsnya:

a. Makan teratur. Kebiasaan ini akan mencegah perubahan hormon tiba-tiba yang bisa memicu rasa lapar, sekaligus bantu mengatur keinginan makan. Dengan makan teratur dan tepat waktu juga bisa mencegah keinginan makan berlebih di malam hari.

b. Coba konsumsi banyak protein tinggi lemak saat sarapan. Menunya bisa telur, yogurt tinggi protein dengan tambahan kacang, dan buah, hingga ikan salmon dan mackerel yang bernutrisi.

c. Konsumsi karbohidrat tetap boleh karena zat gizi makro ini juga berperan penting untuk kesehatan. Namun supaya lebih sehat, pilihlah karbohidrat yang indeks glikemiknya rendah. Misalnya roti gandum, pasta gandum, beras merah, dan kacang-kacangan legum. Jenis sumber karbohidrat ini bisa menjaga kadar glukosa darah tetap stabil sehingga berefek pada selera makan yang terkontrol.

d. Pilih asupan lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Sumbernya antara lain alpukat, walnut, ikan tuna, hingga minyak zaitun.

e. Untuk makan malam, perbanyak asupan protein rendah lemak. Dada ayam, ikan, dan daging sapi rendah lemak bisa jadi pilihan terbaik.

f. Imbangi dengan olahraga karena olahraga juga punya peran penting dalam meningkatkan kadar dopamin. Kemudian pastikan memilih makanan yang segar dan sehat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com