9 Sayuran Ini Bikin Berat Badan Cepat Turun, Cocok Buat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 09:30 WIB
Apa Benar Makan Salad Bikin Kurus? Ini Kata Pelatih Kebugaran Foto: Getty Images/Xsandra
Jakarta -

Sedang diet? Coba konsumsi sayuran yang bikin berat badan cepat turun ini. Mulai dari bayam, wortel, hingga mentimun, sayuran ini juga kaya akan nutrisi lainnya.

Usaha menurunkan berat badan perlu dilakukan secara konsisten. Kunci keberhasilan lainnya adalah memilih bahan makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Pada kelompok sayuran, ternyata ada beberapa jenis sayuran yang bikin berat badan cepat turun. Kandungan serat dan nutrisi lainnya membantu tubuh membakar lemak dengan lebih cepat.

Asupan serat juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan berlebih. Sayuran ini mudah didapat di Indonesia, rasanya enak, dan mengolahnya juga gampang.

Berikut 9 sayuran yang bikin berat badan cepat turun:

1. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya bisa jadi andalan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Ada beberapa penelitian yang mengaitkan konsumsi sayuran hijau dengan kemampuan tubuh dalam membakar lemak yang lebih baik.

Untuk bayam, usahakan tidak mengolahnya sampai lonyot atau overcooked supaya zat gizinya tak banyak yang hilang. Merebus sebentar saja atau blansir bisa jadi pilihan terbaik untuk mengonsumsi bayam.

2. Jamur

Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet MudaFoto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

Jamur adalah jenis sayuran yang disukai hampir semua orang karena teksturnya kenyal dan rasanya umami. Jamur terkenal dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Jamur juga bisa membakar lemak lebih banyak dengan cara mengatur kadar glukosa dalam darah. Bonus lainnya, jamur tinggi protein yang bantu meningkatkan metabolisme sehingga proses penghilangan lemak lebih mudah.

3. Brokoli dan kembang kol

Sayuran yang bikin berat badan cepat turun selanjutnya adalah brokoli dan kembang kol. Tinggi serat, mineral, dan vitamin, brokoli mengandung fitokimia yang bantu meningkatkan kehilangan lemak dalam tubuh.

Untuk kembang kol, selain kaya serat dan mengenyangkan, konsumsinya bantu melawan kembung. Kembang kol juga mengandung fitonutrien sulforaphane, folat, dan vitamin C.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com