10 Makanan 'Nol' Kalori Ini Bisa Jadi Asupan Andalan Pelaku Diet

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 10:00 WIB
Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya Foto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva

7. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kerap dianggap superfood atau makanan padat nutrisi. Hal ini berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalam bayam memang begitu padat. Kepadatan nutrisi pada bayam ini hanya dilengkapi dengan kalori yang sangat rendah yaitu 7 kalori dalam 30 gram bayam.

Bayam mengandung mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh berupa potassium, zinc, kalium, selenium hingga vitamin K. Selain itu bayam juga ditemukan mengandung asam amino yang sangat baik untuk perbaikan lapisan jaringan pada otot.

8. Paprika

sandwich paprikaFoto: Istimewa

Konsumsi paprika mentah dalam keadaan segar diakui olah ahli jauh lebih berkhasiat dibandingkan konsumsi saat paprika sudah dimasak atau matang. Paprika punya manfaat yang lebih dari sekadar bumbu tambahan untuk memberikan rasa pedas pada masakan.

Paprika termasuk salah satu bahan makanan tinggal vitamin, mineral hingga antioksidan yang memiliki kalori sangat rendah. Pada paprika seberat 149 gram bahkan hanya mengandung 46 kalori saja.

9. Semangka

Hampir seluruh bagiannya mengandung air, semangka memiliki komposisi kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Konsumsi semangka saat diet diakui oleh para ahli sangat baik untuk mencegah dehidrasi dengan sehat dan alami.

Pada 152 gram semangka potong bahkan hanya ditemukan 46 kalori dengan 5 gram karbohidrat di dalamnya. Semangka juga diketahui mengandung citruline yang merupakan sejenis asam amino yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

10. Pepaya

Lebih dari sekadar buah, pepaya memiliki manfaat khasiat yang sangat tinggi terutama bagi kesehatan pencernaan. Mengandung vitamin C, A, folat, serat, kaleium, potasium, omega-3 hingga asam amino membuat pepaya begitu padat nutrisi.

Dibalik kepadatan nutrisinya, pepaya hanya mengandung kalori yang sangat sedikit di dalamnya. Pada 140 gram pepaya dikatakan oleh para ahli hanya mengandung kalori sebesar 55 kalori saja.

Baca juga: Rutin Konsumsi 7 Minuman Diet Ini Berat Badan Bisa Cepat Turun

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com