Konsumsi Teh Terlalu Sering Ternyata Sebabkan Gigi Kuning, Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 08:30 WIB
Minum teh terlalu sering sebabkan gigi kuning Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Minum teh secara rutin memang menyehatkan. Namun, mengonsumsi teh terlalu sering juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Ini sebabnya.

Salah satu masalah kesehatan gigi yang dapat menurunkan kepercayaan diri adalah gigi kuning. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, salah satunya mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Dilansir dari The Take Out (9/9), minuman yang dapat membuat gigi cepat kuning adalah teh. Banyak yang telah mengetahui kalau minuman sehat ini dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Menurut Dr. Inna Chern seorang dokter gigi di New York, teh memiliki kandungan yang membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Bahkan, lebih dari kopi yang juga dapat menyebabkan gigi kuning.

Minum teh terlalu sering sebabkan gigi kuningMinum teh terlalu sering sebabkan gigi kuning Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Kenalan Yuk! Ini Sabrina, Selebgram Manis Penjual Cendol di Kediri

"Memang benar teh dapat menodai gigi daripada kopi karena konsentrasi taninnya yang tinggi," kata Dr. Inna Chern.

Tanin yang terkandung dalam teh adalah senyawa yang menghasilkan rasa pahit pada teh. Kandungan tanin pada setiap teh memiliki jumlah kadar yang bervariasi tergantung dari rasa pahit yang dihasilkan. Menurut Chern, teh hijau memiliki kandungan tanin yang lebih rendah dari teh hitam dan teh oolong.

"Jumlah tanin dalam varietas teh tertentu bervariasi menurut produsen, tetapi aman unutk mengatakan bahwa teh hitam dan oolong memiliki jumlah tertinggi sedangkan teh hijau jumlahnya lebih rendah," ungkapnya.

Baca Juga: 7 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi, Sakit Kepala hingga Gelisah

Minum teh terlalu sering sebabkan gigi kuningMinum teh terlalu sering sebabkan gigi kuning Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau kamu ingin tetap merasakan manfaat dari teh, namun tidak ingin gigi yang putih cepat berubah menjadi kuning, Chern merekomendasikan untuk minum teh hijau. Teh herbal juga baik dikonsumsi untuk kesehatan, bahkan teh ini bebas dari kandungan tanin.

"Teh yang bebas dari tanin mencakup sebagain besar teh bebas kafein atau teh herbal seperti yang terbuat dari jahe, chamomile, melati, dan hibiscus," ujar Chern.

Chern juga memiliki tips kalau kamu ingin mengonsumsi teh hitam tanpa mengubah warna gigi. Seperti meminum air putih setiap selesai minum teh atau bisa langsung menyikat gigi. Bisa juga minum teh dengan sedotan, karena teh tidak langsung mengenai gigi.

Baca Juga: 7 Bahan Ini Bisa Bikin Mie Instan Rasanya Kekinian dan Mewah



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com