7 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi, Sakit Kepala hingga Gelisah

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 06:00 WIB
7 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi, Sakit Kepala hingga Gelisah Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021
Jakarta -

Kopi memberi manfaat kesehatan tapi kalau dikonsumsi berlebihan tentu akan berbahaya. Efek overdosis kafein bisa ditandai dengan sakit kepala hingga gelisah.

Kopi dikenal dengan khasiatnya sebagai minuman pendongkrak stamina, menjaga kesehatan jantung serta bisa dikonsumsi untuk minuman diet. Tapi bukan berarti saat dikonsumsi berlebihan akan lebih terasa manfaatnya.

Kelebihan kopi bisa menyebabkan overdosis kafein. Efeknya beragam dan bisa berbeda pada setiap orang. Idealnya dalam satu hari, tubuh bisa menerima asupan 2-3 cangkir kopi. Tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi, apalagi bagi orang yang punya riwayat penyakit tertentu.

Dilansir dari The Healthy (15/9) beberapa reaksi tubuh bisa terjadi ketika seseorang mengonsumsi kopi terlalu banyak. Kalau kamu mengalami sakit perut, sakit kepala, jantung berdegup kencang hingga merasa gelisah, mungkin ini reaksi dari terlalu banyak minum kopi.

Berikut beberapa efek yang dirasakan tubuh ketika terlalu banyak minum kopi:

1. Merasa cemas dan gelisah

Jika kamu merasa cemas dan gelisah berlebihan usai minum kopi, mungkin itu tanda kalau tubuh mengalami overdosis kafein. National Institute of Mental Health merekomendasikan agar orang yang mengalami kecemasan untuk menghindari kafein.

Terlalu banyak minum kopi sebenarnya dapat memperburuk efek kecemasan. Salah satunya yakni mengalami susah tidur, padahal orang yang merasa cemas membutuhkan istirahat cukup.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1990 kemudian diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine mengungkap 25 pria yang diberi kafein dosis sedang sebelum mengerjakan tugas ternyata mengalami tekanan darah tinggi dan peningkatan hormon stres.

2. Sakit perut

Pada tahun 2017, para ilmuwan Eropa menemukan fakta bahwa beberapa senyawa dalam kopi merangsang sekresi asam lambung. Sebenarnya minum kopi sesuai porsi tidak akan memicu sakit lambung, ini terjadi ketika kopi yang diminum terlalu banyak.

Untuk menetralisir sakit perut karena minum kopi, kamu bisa mengonsumsi obat pereda magh untuk menurunkan kadar asam lambung. Namun obat ini hanya bersifat sementara. Solusinya adalah kurangi konsumsi kopi sampai lambung kembali dalam keadaan normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com