5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 07:00 WIB
5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan Foto: iStock

3. Beras Cokelat

5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Beras memiliki berbagai jenis. Beras yang paling umum dijadikan makanan pokok adalah beras putih. Namun sayang, beras putih mengandung kalori yang tinggi.

Sebagai alternatif pengganti, kamu bisa mengonsumsi beras cokelat (brown rice) yang kandungan kalorinya lebih rendah. Dalam 100 gram beras cokelat hanya mengandung 116 kalori.

Berbeda dengan 100 gram nasi putih yg mengandung 130 kalori. Meskipun beras cokelat tidak sepopuler beras merah, tetapi kandungan seratnya jauh lebih tinggi.

Selain itu, beras cokelat juga lebih pulen. Nasi dari beras cokelat ini juga dapat dipadukan dengan aneka lauk yang sehat. Seperti sayuran tumis, omelet tahu atau telur panggang.

4. Bayam

5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan5 Sarapan Rendah Kalori Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Untuk pilihan sayuran yang cocok jadi menu sarapan rendah kalori ada bayam. Itu karena sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti zat besi dan kalsium.

Dalam 100 gram bayam hanya mengandung 26 kalori. Biasanya bayam diolah menjadi bayam tumis, dicampurkan dalam omelet atau dibuat sup dan sayur bening bayam.

Satu porsi sayur bening itu kalorinya juga tak lebih dari 120kkal. Selain itu, sayur bayam juga kaya akan serat yang membantu memperlancar sistem pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com