5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 15:00 WIB
5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Gwengoat

4. Sehatkan tulang dan daya lihat

5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Gwengoat

Ciplukan tinggi vitamin K, jenis vitamin larut lemak yang berperan dalam metabolisme tulang. Vitamin K penting untuk mengoptimalkan kesehatan tulang dan bisa dikonsumsi bersamaan vitamin D.

Untuk penglihatan, ciplukan juga punya manfaat hebat. Kandungan lutein dan beta carotene di dalamnya mampu menjaga kesehatan mata. Apalagi lutein yang terkenal dengan kemampuannya mencegah penyakit mata. Lutein juga terbukti bantu melindungi kehilangan penglihatan akibat diabetes.

5. Cara mengonsumsi ciplukan

Ada banyak cara enak mengonsumsi ciplukan. Buah ini dijual dalam keadaan segar di supermarket atau penjual buah online. Biasanya dikemas dalam kotak plastik kokoh dengan bagian 'tudung' atau kulitnya masih menyertai.

Ciplukan enak dimakan langsung sebagai camilan sehat. Bisa juga dijadikan isian salad, campuran smoothies, atau diolah sebagai saus dan selai. Tak kalah enak, ciplukan jadi topping yogurt dan granola yang menyehatkan.

Beberapa pembuat kue juga memanfaatkan ciplukan sebagai topping/dekorasi yang menarik. Ciplukan mudah dibeli di toko online. Harga per 300 gramnya sekitar Rp 30 ribu.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com