Perlu Diketahui, Ini 7 Fungsi dan Manfaat Protein dalam Tubuh

Devi Setya - detikFood Sabtu, 18 Sep 2021 06:00 WIB
7 makanan sumber protein selain daging sapi Foto: iStock
Jakarta -

Protein termasuk sumber nutrisi yang penting. Fungsi protein sangat beragam mulai dari menjaga sistem kekebalan tubuh hingga menjadi sumber energi.

Konsumsi makanan tinggi protein sangat dianjurkan, tubuh memerlukan zat gizi ini agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Untuk mendapatkan protein, kamu harus banyak mengonsumsi makanan tinggi protein.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi misalnya susu, daging merah, ikan dan sayuran. Di dalam tubuh, protein juga bisa menjadi sumber energi selain karbohidrat.

Dikutip dari Healthline (17/9), tubuh perlu protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel jaringan. Dalam kondisi normal, jumlah protein yang digunakan tubuh sama dengan yang dibuat.

Namun pada kondisi tertentu, jumlah protein yang diperlukan lebih banyak misalnya pada orang yang sedang sakit, hamil, dan menyusui. Orang yang sedang terluka, berusia lanjut, dan atlet juga biasanya membutuhkan protein lebih banyak.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat protein dalam tubuh:

1. Membentuk struktur pada organ

Protein jenis tertentu mengandung serat sehingga bisa memberi bentuk yang jelas dan tegas pada sel atau jaringan. Jenis protein ini adalah keratin, kolagen, dan elastin yang menentukan bentuk tubuh.

Keratin ditemukan pada kulit, rambut, dan kuku sedangkan kolagen adalah penyusun tulang, otot, serta ligamen. Elastin lebih fleksibel daripada kolagen yang memungkinkan organ kembali ke bentuk semula.

Beberapa contoh organ yang tersusun atas elastin adalah rahim, paru-paru, dan pembuluh darah arteri. Rahim mampu kembali ke bentuk awal usai proses hamil dan melahirkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com