7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Sep 2021 05:00 WIB
7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

3. Gunakan rempah

Penambahan rempah dalam masakan bukan hanya melezatkan rasanya, melainkan juga bantu menyingkirkan penumpukan lemak di perut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan rempah dalam menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Rempah yang bisa kamu pakai antara lain kunyit, jahe, pala, kayu manis, daun kari, paprika, bubuk cabai, jinten, hingga cabai merah. Ada juga kapulaga yang punya fungsi spesial untuk melawan efek buruk dari konsumsi terlalu banyak karbohidrat.

4. Berhenti minum minuman manis

7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

Pola makan ini mungkin sangat sulit dipraktikkan, namun kalau kamu mau perut sixpack, berhenti konsumsi minuman manis. Mulai dari soda, jus buah kemasan, hingga es teh manis.

Dr. Jampolis menjelaskan, "Minuman manis adalah 'silent killers' yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, terutama memicu lemak perut berbahaya, dan menempatkanmu pada risiko penyakit stroke hingga diabetes yang lebih tinggi." Usahakan hanya minum air putih saja. Bisa juga dengan konsumsi teh hijau tanpa gula yang bermanfaat menyingkirkan lemak perut.

5. Makan pelan-pelan

Terlihat sederhana dan sepele, namun makan pelan-pelan bantu kamu mendapatkan perut yang rata dan langsing. Ahli gizi Trista Best mengatakan, ketika kamu makan terlalu cepat, kamu berakhir menelan lebih banyak udara yang bisa memicu kembung.

Apalagi ketika kamu mengonsumsi makanan mengandung gluten, produk olahan susu, atau makanan tinggi serat. Konsumsi jenis makanan ini menimbulkan risiko kembung yang lebih tinggi. Usahakan makan pelan-pelan alias tidak terburu-buru untuk mencegah adanya gas di dalam perut yang bisa bikin perut kamu buncit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com