7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 19:30 WIB
7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov
Jakarta -

Upaya menurunkan berat badan juga bisa dibantu dengan melakukan kebiasaan sebelum tidur ini. Mulai dari makan tak terlalu malam hingga minum teh chamomile.

Menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Selain memerhatikan asupan kalori, kamu juga perlu memastikan tidur cukup. Durasinya rata-rata 7,5 jam sampai 9 jam di malam hari.

Pakar kesehatan mengatakan tidur erat kaitannya dengan berat badan. Kalau kamu kurang tidur, hormon pemicu rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat. Usaha menurunkan berat badan pun akan sulit.

Ada berbagai kebiasaan sebelum tidur yang bisa kamu lakukan agar lebih cepat langsing. Kebiasaan ini mudah ditiru dan dipraktikkan.

Salah satunya memastikan makan malam 3 jam sebelum tidur dan dalam porsi kecil saja. Lalu usahakan juga untuk mengasup banyak protein dan serat di pagi dan siang hari.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, ini 7 kebiasaan sebelum tidur yang bikin lebih cepat langsing:

1. Makan malam sedikit saja

Mengutip Today (18/12/19), ahli gizi Charlotte Harrison merekomendasikan makan tepat waktu sepanjang hari agar ketika tidur, berat badan bisa cepat turun. "Waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme sirkadian kita, jadi menjadwalkan waktu makan sangat penting," katanya.

Urusan makan malam, usahakan jangan terlalu dekat dengan jam tidur. Porsinya pun sebaiknya kecil saja. Lebih baik memaksimalkan asupan di pagi dan siang hari.

Penelitian terbaru juga menemukan partisipan yang ngemil malam-malam mengalami pemecahan lemak yang lebih sedikit ketimbang partisipan yang mengonsumsi jumlah kalori sama, tapi di siang hari.

2. Makan banyak protein seharian

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Di pagi dan siang hari, ada baiknya kamu mengonsumsi banyak sumber protein. Cara ini bantu menstabilkan kadar gula darah dan mempercepat metabolisme tubuh, termasuk di malam hari.

Protein juga bersifat membangun otot dan membuat kenyang. Hal ini bisa mencegah kamu makan berlebih di sore jelang malam hari. Beberapa sumber protein yang bagus dikonsumsi adalah telur, dada ayam, hingga kacang almond.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com