7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Sep 2021 05:00 WIB
7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined
Jakarta -

Pola makan untuk perut sixpack ini cocok untuk kamu yang mau lebih sehat dan percaya diri. Kuncinya ada pada asupan makanan sehat yang jenisnya tepat.

Mendapatkan perut rata atau bahkan perut sixpack jadi impian banyak orang. Selain olahraga, perut sixpack bisa didapat dengan menjalani pola makan yang tepat.

Pola makan ini sangat gampang ditiru dan bisa mulai kamu praktikkan pelan-pelan. Misalnya saja dengan memperbanyak asupan serat.

Lalu hindari juga makanan dan pola makan yang mungkin membuat perut kamu buncit. Salah satunya dengan menghindari minuman manis yang bisa menambah berat badan.

Dikutip dari Eat This Not That (16/9), berikut 7 pola makan untuk perut sixpack:

1. Konsumsi makanan tinggi vitamin B

Stress psikologis ternyata bisa memicu penumpukan lemak di perut. Ketika kamu stress, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Beberapa penelitian menunjukkan hormon ini bisa menyebabkan penyimpanan lemak yang lebih lebih banyak di perut, menurut ahli gizi Jeanette Kimszal.

Guna mencegah hal ini, konsumsi banyak makanan tinggi vitamin B bisa jadi solusi karena jenis vitamin ini bisa mengurangi stress dan memelihara kesehatan sistem saraf. Makanan tinggi vitamin B antara lain sayuran hijau, alpukat, biji bunga matahari, almond, brokoli, kacang-kacangan, dan buah citrus.

2. Perbanyak makanan tinggi serat

7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

Jenis lemak paling penting untuk disingkirkan adalah lemak visceral atau lemak perut. "Lemak perut yang ada di sekitar organ tubuh ini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular," kata ahli gizi Nicole Stefanow.

Cara ampuh untuk melawan keberadaan lemak perut adalah mengonsumsi makanan tinggi serat. "Serat larut bertindak sebagai prebiotik yang difermentasi oleh bakteri sehat dalam usus untuk menciptakan SCFAs, yang dibuktikan penelitian berkaitan dengan penurunan lemak visceral dan adipositas," kata Nicole. Adapun makanan tinggi serat yang bagus dikonsumsi rutin adalah kacang-kacangan, biji-bijian, oat, dan sayuran seperti brokoli dan kembang kol.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com