Sarapan Pizza Disebut Lebih Menyehatkan dari Sereal, Ini Kata Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 07:00 WIB
Sarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal Manis Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Seorang ahli diet di Amerika Serikat mengklaim kalau sarapan pizza lebih sehat daripada sereal yang manis. Karena kandungan nutrisi pizza lebih seimbang.

Menu sarapan harus sehat dan bergizi seimbang. Terdiri dari sumber karbohidrat, protein, mineral penting dan sejumlah vitamin dan serat. Sarapan harus cukup untuk bekal energi beraktivitas.

Dilansir dari Mirror (6/9), Chelsey Amer seorang ahli diet di New York, Amerika Serikat menyebutkan ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan karena dapat memperburuk kesehatan. Salah satunya sereal yang rasanya manis.

Padahal banyak orang mengetahui kalau sereal merupakan makanan yang populer dikonsumsi saat sarapan. Selain karena rasanya yang enak, banyak orang memilih sereal karena cara menikmatinya yang praktis.

Sarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal ManisSarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal Manis Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 4 Tips Sehat Minum Kopi Menurut dr Zaidul Akbar

Namun, ternyata mengonsumsi sereal saat sarapan tidak baik untuk kesehatan. Terutama varian sereal yang manis, seperti rasa buah atau dengan tambahan cokelat dan madu.

Menurut ahli diet Chelsey Amer, bahkan semangkuk sereal manis tak lebih sehat dari pizza untuk sarapan. Memang pizza bukanlah pengganti menu sarapan yang lebih sehat, tetapi pizza bisa menjadi alternatif karena tidak mengandung banyak gula.

"Anehnya pizza bisa menjadi pilihan sarapan yang lebih seimbang daripada banyak sereal sarapan yang mengandung gula tinggi," ujar Chelsey.

Sarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal ManisSarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal Manis Foto: Getty Images/iStockphoto

"Sepotong pizza keju mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Sedangkan sereal manis dengan susu rendah lemak sebagian besar mengandung gula dan tinggi karbohidrat," lanjutnya.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kulit Mulus

Namun, Chelsey tak menyarankan untuk mengonsumsi pizza sebagai menu sarapan setiap hari. Hanya saja, pizza dijadikan contoh makanan yang lebih memiliki nilai gizi seimbang dibandingkan sereal manis yang banyak dikonsumsi anak saat sarapan.

Dr Kelly seorang ahli nutrisi juga menyetujui pendapat dari Chelsey. Ia juga menekankan pentingnya menu sarapan bergizi seimbang untuk dikonsumsi.

"Yang penting adalah memperhatikan kandungan yang ada dalam makanan kita dan makan sarapan seimbang yang tinggi protein dan meminimalkan karbohidrat, rendah gula, dan jauhi makanan yang digoreng," kata Dr Kelly.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan Bisa Diredakan dengan Konsumsi 6 Makanan Enak Ini



Simak Video "Masak Masak: Bikin Pizza Telur Udang Bareng Lucinta Luna"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com