7 Mitos Madu yang Populer dan Dipercaya, Ini Fakta Sebenarnya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 10:00 WIB
Honey with Honeycombs in a Jar Foto: Getty Images/StefaNikolic
Jakarta -

Madu disebut sebagai superfood karena nutrisinya. Banyak mitos madu yang masih populer dan dipercaya. Seperti madu tak bisa basi hingga membuat kulit kering.

Lebih dari ribuan tahun, madu sudah menjadi pemanis alami hingga asupan nutrisi untuk banyak orang. Madu juga dijadikan sebagai obat hingga ramuan herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Konsumsinya masih populer hingga saat ini. Meski banyak mitos seputar madu, yang terkadang membuat orang keliru. Seperti anggapan madu yang tidak bisa basi atau kedaluwarsa.

Kemudian mitos konsumsi madu bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan kusam. Ada juga yang menyebutkan bahwa warna madu hanya kuning keemasan. Tentunya tidak semua mitos tentang madu ini benar.

Dilansir dari berbagai sumber berikut 7 mitos madu yang masih populer.

Baca Juga: Begini Cara Sehat Nabi Muhammad SAW Konsumsi Madu


1. Madu Berkualitas Warnanya Keemasan

Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat SehatnyaMadu Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto

Banyak orang yang beranggapan bahwa madu berkualitas tinggi, warnanya harus kuning keemasan. Padahal hal ini hanya sekedar mitos saja. Faktanya hampir semua madu memiliki perbedaan. Mulai dari warna, aroma hingga karakteristik dari rasa madu itu.

Semua ini tergantung pada suhu, iklim, jenis lebah hingga tipe nektar atau sari bunga yang jadi energi utama lebah. Konsepnya mirip seperti apel hingga tomat, semua warna dan tampilannya berbeda, begitu juga dengan rasanya.

Jadi anggapan bahwa madu berkualitas warnanya harus kuning keemasan keliru. Karena warna gelap dari madu atau warna lain sendiri, biasanya karena madu disimpan di temperatur yang lebih hangat sehingga membuat warna madu menjadi lebih gelap.

2. Madu Tidak Bisa Basi

Honey in jar with honey dipper on vintage wooden backgroundHoney in jar with honey dipper on vintage wooden background Foto: iStock

Madu termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang bisa bertahan selama puluhan tahun. Tapi mitos bahwa madu tidak bisa basi atau memiliki tanggal kedaluwarsa, sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Madu bisa bertahan hingga puluhan tahun, jika disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan di suhu ruangan yang baik. Tapi madu akan lebih cepat basi jika, tutup atau kemasannya sudah dibuka atau disimpan di tempat yang terlalu panas atau lembab.

Karena ketika dibuka, madu ini akan menjadi lembab sehingga teksturnya akan lebih kental bahkan mengeras dan membuatnya lebih cepat basi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ayam Bakar Madu Viral dan Kisahnya yang Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com