Sakit Tenggorokan Bisa Diredakan dengan Konsumsi 6 Makanan Enak Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 13 Sep 2021 20:00 WIB
8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Sakit tenggorokan menyebabkan rasa gatal, iritasi, hingga kesulitan menelan. Agar tak makin parah, kamu bisa mengatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan.

Kesulitan menelan makanan dan minuman sering terjadi ketika sakit tenggorokan. Salah satu penanganannya harus mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan bahan alami untuk meredakan rasa sakit dan iritasinya.

Dilansir dari Health Line (29/3), ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Seperti mengonsumsi teh camomile, madu, hingga bawang putih.

Berikut 6 makanan dan minuman yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

1. Madu

Nabi Muhammad SAW Cegah Virus Masuk ke Tubuh dengan Mengonsumsi 3 Makanan, Yaitu Kurma, Madu, dan Jintan Hitamsakit tenggorokan pakai madu Foto: Getty Images/iStockphoto

Madu merupakan bahan pemanis alami yang biasa digunakan sebagai pengganti gula. Biasanya dikonsumsi bersama teh atau kopi untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Ternyata madu yang diracik bersama teh adalah bahan alami yang umum dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan.

Pada sebuah studi menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk. Madu juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Hukum Soal Membuang Makanan karena Sudah Kenyang

2. Air Garam

Garam tak hanya digunakan sebagai bumbu pada masakan, tapi bisa juga diracik menjadi media pengobatan alami. Saat sedang sakit tenggorokan, kamu bisa meracik sedikit garam dengan air hangat.

Racikan air garam itu jangan diminum, melainkan kamu gunakan untuk berkumur. Karena air garam yang hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Air garam juga dikenal dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada tenggorokan.

3. Teh Camomile

Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon.Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon. Foto: dok. detikFood

Pecinta teh, pasti sudah tak asing dengan teh herbal satu ini. Teh yang terbuat dari bunga camomile tersebut dikonsumsi karena manfaat sehatnya.

Salah satu manfaatnya dapat meredakan sakit tenggorokan. Karena teh camomile mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Selain untuk sakit tenggorokan, teh camomile juga bisa untuk mengatasi kesulitan tidur.

4. Daun Mint

parsley, sage, thyme, mint and chives grow in a wooden self built raised bed on a terracedaun mint Foto: Getty Images/iStockphoto/TG23

Daun mint dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyegarkan nafas. Tak heran klau daun ini kerap dijadikan salah satu komposisi pada pasta gigi, permen, dan obat kumur.

Daun mint yang mengandung zat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiviral ini juga dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan membuat racikan teh daun mint.

Baca Juga: 10 Diet Artis yang Terbukti Berhasil, Kim Kardashian Turun 25 Kg!

5. Cuka Apel

Cuka apel biasanya digunakan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan wajah. Namun ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Karena cuka apel mengandung zat antibakteri yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sendok makan, karena sifatnya yang asap dapat membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

6. Bawang Putih

Bawang PutihBawang Putih Foto: iStock

Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih juga sering dikonsumsi untuk mengatasi beberapa penyakit. Karena bumbu dapur yang aromanya menyengat ini memiliki kandungan alicin yang berfungsi sebagai zat antibakteri.

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah atau dijadikan racikan teh. Untuk menikmatinya sebagai teh, kamu bisa mencincang bawang putih lalu dicampur dengan teh hitam dan tambahkan sedikit madu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Budaya Makan di Sumatera, Tidak Pelit Lauk



Simak Video "Ayam Bakar Madu Viral dan Kisahnya yang Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com