7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 19:30 WIB
7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov
Jakarta -

Upaya menurunkan berat badan juga bisa dibantu dengan melakukan kebiasaan sebelum tidur ini. Mulai dari makan tak terlalu malam hingga minum teh chamomile.

Menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Selain memerhatikan asupan kalori, kamu juga perlu memastikan tidur cukup. Durasinya rata-rata 7,5 jam sampai 9 jam di malam hari.

Pakar kesehatan mengatakan tidur erat kaitannya dengan berat badan. Kalau kamu kurang tidur, hormon pemicu rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat. Usaha menurunkan berat badan pun akan sulit.

Ada berbagai kebiasaan sebelum tidur yang bisa kamu lakukan agar lebih cepat langsing. Kebiasaan ini mudah ditiru dan dipraktikkan.

Salah satunya memastikan makan malam 3 jam sebelum tidur dan dalam porsi kecil saja. Lalu usahakan juga untuk mengasup banyak protein dan serat di pagi dan siang hari.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, ini 7 kebiasaan sebelum tidur yang bikin lebih cepat langsing:

1. Makan malam sedikit saja

Mengutip Today (18/12/19), ahli gizi Charlotte Harrison merekomendasikan makan tepat waktu sepanjang hari agar ketika tidur, berat badan bisa cepat turun. "Waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme sirkadian kita, jadi menjadwalkan waktu makan sangat penting," katanya.

Urusan makan malam, usahakan jangan terlalu dekat dengan jam tidur. Porsinya pun sebaiknya kecil saja. Lebih baik memaksimalkan asupan di pagi dan siang hari.

Penelitian terbaru juga menemukan partisipan yang ngemil malam-malam mengalami pemecahan lemak yang lebih sedikit ketimbang partisipan yang mengonsumsi jumlah kalori sama, tapi di siang hari.

2. Makan banyak protein seharian

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Di pagi dan siang hari, ada baiknya kamu mengonsumsi banyak sumber protein. Cara ini bantu menstabilkan kadar gula darah dan mempercepat metabolisme tubuh, termasuk di malam hari.

Protein juga bersifat membangun otot dan membuat kenyang. Hal ini bisa mencegah kamu makan berlebih di sore jelang malam hari. Beberapa sumber protein yang bagus dikonsumsi adalah telur, dada ayam, hingga kacang almond.

3. Tidak minum kafein di sore hari

Kafein seperti yang terdapat pada kopi dan minuman energi ampuh membangkitkan fokus di siang hari, namun minuman kafein sebaiknya tak dikonsumsi di sore hari agar tidak mengganggu tidur.

Perlu diketahui, kafein masih bisa berada dalam tubuh selama 6-9 jam usai dikonsumsi. Waktu tidur yang terganggu nantinya bisa membuat kamu sulit menurunkan berat badan. Sebab peneliti mengungkap efek kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.

4. Makan banyak serat

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Selain protein, konsumsi banyak serat juga dianjurkan saat ingin menurunkan berat badan. Bonus lainnya, asupan serat berkaitan dengan tidur yang lebih nyenyak!

Mengutip Eating Well (10/9/21), dua penelitian terpisah menemukan seseorang yang makan sedikit serat namun konsumsi banyak gula dan karbohidrat olahan, lebih mungkin memiliki kualitas tidur yang buruk dibanding mereka yang makan lebih banyak serat dan minim gula. Sumber serat yang enak antara lain alpukat, brokoli, kacang-kacangan, hingga apel.

5. Minum teh chamomile

Minum teh hangat sebelum tidur diketahui bisa membuat tidur lebih nyenyak nantinya. Namun hindari minum teh hijau atau teh hitam karena tinggi kafein yang nantinya malah bisa mengganggu tidur.

Sebaiknya pilih teh chamomile karena mengandung fitokimia bioaktif yang bantu meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile juga memiliki sifat antiinflamasi yang bantu meredakan gangguan pencernaan atau perut yang mungkin bikin kamu tak nyaman saat tidur.

6. Menu makan malam yang disarankan

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Idealnya kamu menyantap makan terakhir atau makan malam, tiga jam sebelum tidur. Misalnya kamu terbiasa tidur pukul 10 malam, maka sebaiknya kamu tidak makan lewat dari pukul 7 malam. Eat This, Not That (17/1/20) mengungkap menu makan malam yang bagus.

Olahan dada ayam sangat disarankan karena penelitian membuktikan hormon triptofan di dalamnya bantu tidur lebih nyenyak. Kemudian dikombinasikan dengan sumber karbohidrat kompleks seperti roti atau pasta gandum utuh untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

7. Tidur cukup

Kalau mau lebih cepat langsing, maka kamu perlu jam tidur yang cukup. Dr. Richard K. Bogan, seorang pakar tidur, mengatakan orang dewasa rata-rata butuh 7,5 jam sampai 9 jam untuk tidur.

"Tidur penting untuk fungsi sistem imun dan hormon tubuh berfungsi dengan normal. Kekurangan tidur atau otak yang mengantuk adalah otak yang lapar. Kualitas tidur yang buruk bisa memicu kenaikan berat badan," katanya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com