Indra Penciuman Hilang? Pulihkan dengan Konsumsi 5 Minuman Herbal Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 09 Sep 2021 05:00 WIB
Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Jeruk Gosong Viral, Apa Efektif? Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Pasien Covid-19 kerap merasakan gejala indra penciuman yang hilang. Untuk mengatasinya, konsumsi 5 minuman herbal ini bisa membantu.

Pandemi Corona belum usai. Banyak orang yang positif Covid-19 merasakan gejala yang membuat mereka tak nyaman. Salah satunya adalah hilangnya indra penciuman atau indra perasa.

Gejala tersebut biasa juga disebut anosmia. Biasanya penderita anosmia sama sekali tidak bisa mencium aroma atau merasakan sesuatu, bahkan makanan yang menyengat sekalipun.

Guna mengatasinya, cara alami dengan mengonsumsi minuman herbal bisa dicoba. Ahli dan pakar kesehatan menyebut bahan-bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi anosmia.

Bahan herbal ini memiliki aroma cukup tajam yang bisa 'membangunkan' kemampuan penderita anosmia untuk bisa kembali mencium dan merasakan makanan lagi. Mulai dari jahe hingga bawang putih.

Berikut 5 minuman herbal untuk mengatasi indra penciuman yang hilang:

1. Teh jahe

Mengutip Healthline (8/9), jahe bisa dimanfaatkan sebagai media latihan mencium aroma. Kamu bisa memanfaatkan jahe mentah atau bubuk jahe.

Minum teh jahe juga disarankan ahli kesehatan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang. Dokter naturopati, Dr. Sandra El Hajj mengatakan, "Teh jahe mampu meredakan peradangan pada saluran pernapasan, sekaligus mengurangi pembentukan lendir yang bisa menyumbat saluran pernapasan dan menyebabkan hilangnya indra penciuman."

Cara meraciknya mudah, tinggal rebus air bersama irisan jahe segar. Tambahkan juga madu atau gula kalau suka.

2. Teh lemon

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga ImunitasIndra Penciuman Hilang? Pulihkan dengan Konsumsi 5 Minuman Herbal Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Kabar baik untuk pencinta lemon. Bahan makanan favoritmu juga bisa mengatasi indra penciuman dan perasa yang hilang. Rasa asam lemon disebut ahli mampu 'membangunkan' kemampuan indra penciuman dan pengecap.

Khusus kaitannya untuk indra pengecap, air lemon juga bisa merangsang produksi ludah. Hal ini penting karena kondisi mulut yang kering adalah 'musuh' untuk masalah hilangnya kemampuan merasakan makanan. Hal ini disampaikan ahli gizi Cindy Hwang, seperti dikutip dalam MD Anderson (8/9).

Teh lemon biasanya dibuat dari paduan jus lemon, air hangat, dan madu. Minuman ini juga bagus dikonsumsi di pagi hari untuk melancarkan sistem pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com