5 Bumbu Dapur Ini Bisa Pulihkan Indera Penciuman karena Covid-19

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 16:00 WIB
5 Bumbu Dapur Ini Bisa Pulihkan Indera Penciuman karena Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/Ls9907
Jakarta -

Hilangnya indera penciuman dan indera perasa menjadi salah satu gejala Covid-19. Beberapa bumbu dapur bisa diandalkan untuk mengembalikan fungsi indera penciuman.

Kebanyakan pasien positif Covid-19 mengeluh hilangnya fungsi indera penciuman. Biasanya gejala ini juga disertai hilangnya fungsi indera perasa. Dua masalah ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan anosmia.

Hal ini membuat orang-orang tidak bisa mencium atau mengenali aroma, bahkan yang menyengat sekalipun. Saat indra penciuman hilang, sebaiknya jangan panik karena banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi indera penciuman.

Beberapa bahan alami bisa diandalkan untuk mengobati anosmia sehingga indera penciuman bisa kembali normal. Termasuk bumbu dapur yang umumnya ada di rumah seperti garam, jahe dan kayu manis.

Dilansir dari Style Craze (2/9), berikut 5 bumbu dapur yang bisa mengembalikan indra penciuman:

1. Garam

Garam adalah bumbu dapur yang umum ditemui di setiap rumah. Karena, bumbu dapur ini biasa diguanakan untuk menambah cita rasa makanan. Kali ini, kamu bisa menggunakan garam untuk mengembalikan indra penciuman.

Caranya dengan membuat larutan air garam untuk membilas rongga hidung. Cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi, seperti dikutip dari detikHealth (17/6).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Acar Bawang yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com