7 Makanan Ampuh Peredam Hormon Stres, dari Ubi hingga Jeruk

Diah Afrilian - detikFood Senin, 06 Sep 2021 10:30 WIB
Konsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Bukan hanya pikiran yang penat, stres juga bisa dipicu oleh hormon tubuh. Tujuh makanan ini disebut efektif untuk atasi hormon pemicu stres.

Stres seringkali dirasakan terutama pada kalangan orang dewasa akbat kepenatan aktivitas dan tuntutan pekerjaan yang begitu menekan. Stres juga sangat dipengaruhi oleh kondisi sekitar dan pola makan yang dapat memicu lonjakan hormon stres di dalam tubuh.

Terlebih pada saat pandem Covid-19 mulai merebak pada awal tahun 2020 lalu, tingkat stres yang dialami oleh orang dewasa menurut statistik diketahui semakin meningkat. Melalui laman website resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) sebanyak 64,3% dari 1.522 orang responden yang diamati memiliki masalah psikologi kecemasan atau depresi setelah melakukan pemeriksaan secara daring terkait kondisi kesehatan jiwa yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Untuk mengatasi stres dan gangguan kesehatan jiwa ternyata juga bisa diatasi dengan cara mengendalikan hormon yang memengaruhi tingkat stres pada seseorang. Beberapa makanan, terutama yang kaya vitamin C, dikatakan oleh para ahli mampu bekerja efektif untuk menekan produksi hormon pemicu stres di dalam tubuh.

Berikut ini 7 makanan yang mampu mengatasi hormon stres menurut Eat This, Not That (5/4):

jus tomat lebih enak diminum di pesawatFoto: Getty Images

1. Tomat

Pada 128 gram tomat mengandung 10,2 miligram vitamin C yang setara dengan 34% kebutuhan vitamin C harian. Tomat yang ditanam secara konvensional memang baik untuk kesehatan tetapi para ahli meyakini bahwa tomat yang ditanam secara organik akan jauh lebih sehat manfaatnya.

Tomatmemili kadar polifenol dan vitamin C yang tinggi yang sangat baik untuk melawan penyakit. Tomat yang ditambahkan dalam makanan seperti sup maupun sandwich dikatakan oleh para ahli sangat baik untuk membantu menurunkan kadar stres yang dialami oleh orang dewasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com