10 Makanan Awet Muda Ini Bikin Wajah Glowing dan Bebas Kerutan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 05 Sep 2021 10:00 WIB
Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

4. Wortel dan ubi

Makanan awet muda selanjutnya adalah sayuran. Konsumsi banyak sayuran, terutama yang tinggi beta karoten, mampu melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas yang sebabkan penuaan.

Beberapa sayuran terbaik untuk manfaat awet muda adalah wortel, labu, dan ubi. Konsumsi juga sayuran tinggi vitamin C untuk mendukung produksi kolagen. Jenis sayuran ini antara lain sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin (EVOO) adalah salah satu jenis lemak paling sehat di dunia. Peneliti telah melihat konsumsi EVOO mampu mencegah berbagai penyakit terkait bertambahnya usia.

Selain itu, konsumsi EVOO membantu kulit terlihat lebih muda dan elastis. Bahkan EVOO bantu kerusakan kulit yang parah terkait sinar matahari.

6. Delima

Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya10 Makanan Awet Muda Ini Bikin Wajah Glowing dan Bebas KerutanFoto: Getty Images/iStockphoto

Makanan awet muda ini terkenal sebagai buah tinggi antioksidan. Delima bantu memperbaiki kerusakan kulit yang sudah ada sekaligus melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Peneliti juga menemukan beberapa bagian dalam delima bisa 'bekerja sama' dalam hal memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Alpukat mengandung senyawa unik bernama alkohol lemak poli hidroksilasi. Senyawa ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan bantu memperbaiki DNA yang rusak.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat dan antioksidan lutein serta zeaxanthin mampu memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com