7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 17:30 WIB
flu Foto: iStock
Jakarta -

Sebelum mengonsumsi obat kimia saat flu dan batuk, ada baiknya untuk mencoba pengobatan herbal. Banyak makanan yang bisa diandalkan untuk meredakan flu serta batuk.

Saat flu dan batuk menyerang, nafsu makan memang jadi menurun. Tetaplah untuk memaksa makan meskipun sedikit karena tubuh memerlukan sistem imun yang kuat untuk melawan virus serta bakteri penyebab flu dan batuk.

Flu dan batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa mengonsumsi obat-obatan. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa diandalkan sebagai obat alami untuk penderita flu dan batuk. Sebut saja misalnya sup ayam, brokoli hingga yoghurt yang mampu mengusir flu dan batuk.

Dilansir dari HealthLine (1/9) berikut beberapa makanan yang bisa membantu meredakan flu dan batuk:

1. Makanan mengandung kaldu


Makanan mengandung kaldu bisa menjadi obat untuk redakan flu serta batuk. Kamu bisa menggunakan kaldu ayam, kaldu daging sapi ataupun kaldu sayuran sebagai campuran makanan.

Kaldu membantu mencegah dehidrasi dan direkomendasikan disantap hangat agar membuat perut nyaman dan badan juga merasa hangat. makanan dengan campuran kaldu membantu meredakan hidung tersumbat serta melegakan tenggorokan.

Kamu bisa membuat sup atau soto dengan bahan baku kaldu. Tambahkan sumber protein dan sayuran agar rasanya semakin lezat.

Young businesswoman with clpd and flu virus blowing nose while working in the office.7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

2. Sup ayam


Sup ayam juga bisa jadi makanan yang membantu meredakan flu dan batuk serta hidung tersumbat. Bahan bakunya kaldu ayam yang diberi tambahan potongan ayam, sayuran dan aneka bumbu.

Daging ayam mengandung zat besi dan protein yang bisa membantu memulihkan kesehatan. Kamu bisa menambahkan wortel, kentang, buncis dan daun seledri sebagai sumber vitamin, serat dan mineral.

3. Bawang putih


Bukan hanya sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa jadi obat flu dan batuk. Bawang putih sudah digunakan sejak berabad-abad lalu sebagai obat berbagai penyakit. Termasuk masalah pada sistem saluran pernapasan.

Sebuah penelitian tentang pengaruh bawang putih pada flu dan batuk menemukan bukti adanya peningkatan kekebalan tubuh serta meredakan gejala flu. Kamu bisa mulai mengonsumsi bawang putih saat merasakan gejala flu. Bawang putih juga bisa ditambahkan dalam masakan.

Peeled garlic in bowl7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk Foto: iStock

4. Yoghurt


Yoghurt bukan hanya membantu mengatasi masalah pencernaan tapi juga ketika terserang flu dan batuk. Tekstur yoghurt yang lembut membantu membuat tenggorokan merasa nyaman, apalagi ketika mengalami batuk parah.

Probiotik pada yoghurt membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan sehat maka kekebalan tubuh akan meningkat sehingga lebih mudah dan cepat untuk sembuh.

Yoghurt bisa dimakan langsung ataupun dijadikan tambahan untuk campuran salad buah. Pilih yoghurt plain tanpa tambahan gula.

5. Buah-buahan tinggi vitamin C


Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika kamu dalam keadaan sehat ataupun sakit. Vitamin C membantu meredakan flu dan batuk jadi pilih aneka buah segar tinggi vitamin C saat terserang flu.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai buah tinggi vitamin C seperti tomat, strawberry, jambu biji dan jeruk.Jadikan buah segar ini sebagai camilan.

6. Sayuran hijau


Berbagai sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan sayuran berdaun hijau lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berfungsi optimal saat kamu terkena flu.

Dalam sayuran hijau mengandung berbagai vitamin, mineral hingga serat yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau ini bisa dikonsumsi sebagai sayur bening, campuran salad ataupun campuran smoothie yang sehat dan enak.

7. Brokoli


Konsumsi satu porsi brokoli atau sekitar 150 gram membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Brokoli mengandung vitamin C dan E yang meningkatkan imun. Kandungan kalsium dan serat dalam brokoli juga membuat tubuh cepat pulih dan kembali fit.

Brokoli juga mengandung sulfur yang berpotensi membuat perut kembung, jadi coba untuk kombinasikan brokoli dengan berbagai bahan lain. Misalnya dengan membuat sup brokoli campur ayam atau tumis brokoli dengan daging sapi.



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com