7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 17:30 WIB
flu Foto: iStock

3. Bawang putih


Bukan hanya sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa jadi obat flu dan batuk. Bawang putih sudah digunakan sejak berabad-abad lalu sebagai obat berbagai penyakit. Termasuk masalah pada sistem saluran pernapasan.

Sebuah penelitian tentang pengaruh bawang putih pada flu dan batuk menemukan bukti adanya peningkatan kekebalan tubuh serta meredakan gejala flu. Kamu bisa mulai mengonsumsi bawang putih saat merasakan gejala flu. Bawang putih juga bisa ditambahkan dalam masakan.

Peeled garlic in bowl7 Makanan Ini Ampuh untuk Redakan Flu dan Batuk Foto: iStock

4. Yoghurt


Yoghurt bukan hanya membantu mengatasi masalah pencernaan tapi juga ketika terserang flu dan batuk. Tekstur yoghurt yang lembut membantu membuat tenggorokan merasa nyaman, apalagi ketika mengalami batuk parah.

Probiotik pada yoghurt membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan sehat maka kekebalan tubuh akan meningkat sehingga lebih mudah dan cepat untuk sembuh.

Yoghurt bisa dimakan langsung ataupun dijadikan tambahan untuk campuran salad buah. Pilih yoghurt plain tanpa tambahan gula.

5. Buah-buahan tinggi vitamin C


Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika kamu dalam keadaan sehat ataupun sakit. Vitamin C membantu meredakan flu dan batuk jadi pilih aneka buah segar tinggi vitamin C saat terserang flu.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai buah tinggi vitamin C seperti tomat, strawberry, jambu biji dan jeruk.Jadikan buah segar ini sebagai camilan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com