Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat

Devi Setya - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 07:00 WIB
Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

4. Mencegah kanker


Dilansir dari Medical News Today (30/8) sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 mengungkap kalau minum kopi secara teratur mampu mengurangi resiko kanker hati dan kanker endometerium.

Minum 3-4 cangkir kopi per hari diklaim memberi manfaat besar. Kopi juga mengandung antioksidan yang dapat menghentikan atau memperlambat kerusakan sel. Tapi kopi yang diasup haruslah kopi hitam, bukan kopi olahan yang sudah mendapat tambahan gula, krim dan bahan campuran lainnya.

5 Khasiat Kopi untuk Kehidupan Seksual yang BerkualitasMinum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat Foto: iStock

5. Turunkan risiko asam urat

Sebuah studi yang dilakukan pada 2007 dalam skala besar berusaha menguji hubungan antara kopi tanpa kafein dengan kadar asam urat. Hasilnya ditemukan bahwa kopi tanpa kafein atau jenis kopi decaf berhubungan dengan penurunan kadar asam urat.

Kelompok pria yang minum 1-3 cangkir kopi tanpa kafein sehari berisiko lebih rendah terkena asam urat hingga 33 persen dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Para peneliti berspekulasi bahwa sumber antioksidan dan asam fenol klorogenat yang terdapat di dalam kopi mempengaruhi risiko asam urat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com