Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW?

Riska Fitria - detikFood Jumat, 27 Agu 2021 05:00 WIB
Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW? Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW punya doa khusus bagi umatnya saat minum kopi. Lalu apakah minum kopi termasuk sunnah Nabi Muhammad SAW? Ini penjelasannya.

Islam memiliki pandangan yang luas tentang kopi. Mengutip dari Alif.id, para ulama memiliki cara pandang yang berbeda-beda tentang hukum meminum kopi. Ada ulama yang membolehkan dan ada pula yang mengharamkan.

Dalam konteks tasawuf, kopi memiliki nilai tersendiri. Dikisahkan oleh Sayyif Nahlawi Ibnu Sayyid Khalil, ada cerita menarik tentang kopi dan sufi dari tanah Maghribi. Cerita itu dapatkan dari gurunya, Syaikh Salim Samarah.

1. Doa Nabi Muhammad SAW untuk Peminum Kopi

Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW?Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW? Foto: iStock

Suatu hari, sang sufi berbicara kepada Nabi Muhammad SAW tentang kopi. Pertemuan mereka saat itu dilakukan dalam kondisi sadar. Dalam literatur tasawuf, para sufi disebut bukan saja bisa berjumpa Nabi dalam keadaan terjaga melainkan juga dalam keadaan tidur atau melalui mimpi.

Sufi pun berkata, "Wahai Rasulullah SAW, saya suka minum kopi,". Kemudian Rasulullah SAW pun langsung meminta sufi untuk membaca doa khusus saat hendak minum kopi.

"Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai zat yang Maha Kuat dan Maha Teguh, lalu membaca bismillahirrahmanirahim,".

Kemudian, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, "Malaikat akan terus memintakan ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulutmu,".

2. Hukum Minum Kopi dalam Islam

Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW?Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW? Foto: iStock

Kopi pada dasarnya adalah minuman yang halal. Dikutip dari Tanya Syariah (23/11/2018) sebenarnya tidak ada dalil khusus yang mengharamkannya. Dalam dalil As Sunnah mengatakan:

"Yang halal adalah yang Allah SWT halalkan dalam kitabnya, yang haram adalah yang Allah SWT haramkan dalam kitabnya, dan apa yang didiamkannya maka itu termasuk yang dimaafkan," (HR. At Tirmidzi No. 1726).

Baca Juga: Rasulullah SAW Anjurkan Doa Ini Saat Minum Kopi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com