7 Sayuran Ini Bagus untuk Kendalikan Kadar Gula Darah Tetap Sehat

Diah Afrilian - detikFood Senin, 30 Agu 2021 07:00 WIB
tomat Foto: Getty Images

3. Kol

CabbageFoto: iStock

Tidak hanya jeruk, kol juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang ada pada kol ini secara positif bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Kol juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dicerna secara perlahan oleh tubuh. Ketika serat dalam makanan dicerna perlahan maka produksi gula darah tidak akan mengalami lonjakan dan cenderung lebih stabil.

4. Bayam

Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam juga mengandung nutrisi yang begitu padat dan sangat rendah kalori. Bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang menjadi kunci untuk aliran darah yang lebih sehat.

Bayam juga cenderung lebih mudah diolah dan cocok untuk dikonsumsi sehari-hari dengan tujuan mengendalikan kadar gula darah. Bayam bisa saja dibuat menjadi sup maupun tumisan yang ditambahkan dengan berbagai makanan sehat lainnya.

5. Tomat

tomatFoto: Getty Images

Walaupun rasanya cenderung manis tetapi tomat sama sekali tidak memberikan pengaruh pada peningkatan gula darah. Tomat justru begitu direkomendasikan oleh Weisenberger untuk rutin ditambahkan dalam berbagai makanan yang akan dikonsumsi.

Menambahkan rasa manis pada makanan, tomat memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Kandungan ini bahkan dikaitkan dengan kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com