Suka Minum Kopi di Sore Hari? Waspadai Efek Sampingnya Menurut Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 29 Agu 2021 17:00 WIB
Efek minum kopi di sore hari Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selain minum kopi di pagi hari, banyak juga yang mengonsumsinya di sore hari. Namun ternyata bisa menimbulkan efek bagi kesehatan tubuh. Ini penjelasan ahli!

Minum kopi di pagi hari sudah jadi hal yang biasa untuk sebagian orang. Karena, kandungan kafein pada kopi dapat berperan dalam meningkatkan energi untuk beraktivitas.

Peran kopi yang dapat meningkatkan energi ini ternyata juga digunakan sebagian orang di sore hari. Tak heran kalau banyak orang minum kopi di sore hari. Namun ternyata hal ini malah dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan, seperti dikutip dari Eat This (6/3).

Efek minum kopi di sore hariEfek minum kopi di sore hari Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ngeri! Parasit Keluar dari Salmon Mentah yang Sedang Digarami

Ternyata minum kopi di sore hari dapat menyabotase energi dan kesehatan. Karena, kopi yang kandungan kafeinnya tinggi malah dapat membuat kualitas tidurmu lebih buruk. Efeknya dapat membuat kamu menjadi insomnia.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Biological Rhythms, kalau kamu ingin mendapatkan tidur yang baik lebih baik tidak mengonsumsi kopi di sore hari. Karena orang yang mengonsumsinya sebelum tidur bakal butuh waktu lebih lama untuk membuat dirinya bisa tertidur.

Efek minum kopi di sore hariEfek minum kopi di sore hari Foto: Getty Images/iStockphoto

Diketahui juga kalau tidurmu di malam hari tidak akan nyenyak. Kamu akan sering terbangun sewaktu tidur atau waktu tidurmu jauh lebih pendek dari biasanya.

Baca Juga: 5 Herbal untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

Minum kopi di sore hari juga dapat membuatmu berkeringat di malam hari. Keringat di malam hari sangatlah mengganggu apalagi sewaktu tidur.

Tak hanya itu saja, kamu mungkin juga harus bangun untuk menggunakan kamar mandi. Kafein dalam kopi bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan rasa ingin buang air kecil.

Efek minum kopi di sore hariEfek minum kopi di sore hari Foto: Getty Images/iStockphoto

Hal ini juga telah disebutkan dalam studi tahun 2013 yang diterbitkan oleh International Urogynecology. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang minum kafein dalam jumlah besar lebih mungkin mengalami inkontinensia urin daripada yang tidak mengonsumsi atau mengonsumsi dalam jumlah sedang. Frekuensi buang air kecil yang sering berpotensi membuatmu terjaga di malam hari.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Aturan Makannya



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com