5 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Devi Setya - detikFood Minggu, 29 Agu 2021 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan segudang manfaat, salah satunya meredakan asma. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun secara keseluruhan membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dalam minyak zaitun terkandung polifenol dan vitamin E yang bertanggung jawab pada kesehatan organ vital dalam tubuh manusia termasuk jantung, paru hingga hati.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang memiliki asupan minyak zaitun yang tinggi memiliki risiko asma yang lebih rendah. Minyak zaitun bisa dijadikan campuran dalam salad atau dijadikan minyak untuk menumis sayuran.

5. Kunyit

Curcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicine5 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan
Foto: Getty Images/ollo

Sudah bukan rahasia lagi kalau kunyit kerap diandalkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, tapi kunyit juga mampu menjaga sistem pernapasan.

Kurkumin dalam kunyit disinyalir sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru. Pada perokok aktif, kunyit membantu membersihkan paru-paru secara maksimal. Namun konsumsi kunyit ini harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com