7 Cara Mengembalikan Indra Penciuman secara Alami

Riska Fitria - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 19:00 WIB
7 Cara Mengembalikan Indra Penciuman secara Alami Foto: iStock
Jakarta -

Cara mengembalikan indra penciuman dapat dilakukan secara alami dan mudah. Cukup memanfaatkan 7 bahan alami untuk diolah menjadi ramuan sehat.

Hilangnya indra penciuman dan perasa merupakan gejala yang dirasakan saat orang terpapar COVID-19. Bahkan dalam beberapa kasus, hilangnya indra penciuman dan perasa masih dirasakan ketika sembuh dari COVID-19.

Namun, kondisi tersebut tidak hanya disebabkan karena paparan COVID-19. Hilangnya indra penciuman atau disebut juga anosmia juga dapat disebabkan karena alergi, pilek dan sinusitis.

Kondisi anosmia dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Salah satunya bumbu-bumbu dapur yang dapat diolah menjadi ramuan sehat dengan mudah.

Berikut 7 cara mengembalikan indra penciuman secara alami:

1. Teh Chamomile

7 Cara Mengembalikan Indra Penciuman secara Alami7 Cara Mengembalikan Indra Penciuman secara Alami Foto: iStock

Mengonsumsi teh herbal merupakan salah satu cara mengembalikan indra penciuman. Salah satu teh herbal yang dapat dikonsumsi adalah teh chamomile. Segelas teh chamomile dapat memberikan banyak manfaat.

Mulai dari meredakan gejala demam, infeksi dan peradangan, melancarkan sistem pernapasan hingga mengobati hidung yang tersumbat. Manfaat teh chamomile juga bisa didapatkan dari aromanya.

Aroma teh herbal tersebut bermanfaat untuk membuat pikiran merasa rileks dan tenang. Minum teh chamomile sebelum tidur bahkan bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: 4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

2. Lemon

Cara mengembalikan indra penciuman juga bisa dengan mengonsumsi asam sitrat. Nutrisi tersebut banyak terdapat di dalam kandungan lemon. Asam sitrat pada lemon dapat merangsang dan membangkitkan indra perasa.

Selain itu, rasa asam yang kuat pada lemon berperan untuk mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan. Dengan mengonsumsi lemon dapat membuat lidah bisa mengecap rasa asam dan manis.

Kamu bisa mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air hangat. Bisa juga ditambah dengan madu agar lebih nikmati. Ramuan air lemon ini cocok diminum pagi hari untuk tingkatkan semangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com