5 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Devi Setya - detikFood Minggu, 29 Agu 2021 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

2. Edamame

Kacang edamame mengandung isoflavon. Zat ini sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk berbagai penyakit pernapasan termasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada 618 orang dewasa menemukan bukti bahwa orang dengan PPOK memiliki asupan isoflavon makanan yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan kelompok yang sehat. Isoflavon juga berperan mengurangi gejala asma seperti sesak napas.

Ilustrasi saus cabai.5 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan Foto: Shutterstock

3. Cabai

Kabar baik bagi penggemar makanan pedas. Ternyata cabai rawit juga masuk dalam kelompok makanan yang ampuh menjaga kesehatan paru-paru.

Cabai rawit mengandung capsaicin, zat ini membantu tubuh merangsang sekresi serta melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Ketika makan cabai, saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir yang berfungsi membersihkan dan melegakan saluran pernapasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com