5 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Devi Setya - detikFood Minggu, 29 Agu 2021 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora
Jakarta -

Banyak cara untuk menjaga paru-paru dan saluran pernapasan agar tetap sehat. Salah satunya melalui asupan beberapa makanan bernutrisi.

Paru-paru yang sehat tentu akan menurunkan resiko masalah pernapasan seperti sesak nafas, asma hingga radang paru-paru. Cara menjaga kesehatan paru-paru yakni dengan menjaga pola hidup, misalnya dengan tidak merokok, menjaga kualitas udara di rumah dan usahakan menghindari paparan polusi udara yang berlebihan.

Tapi di samping itu, ada juga cara menjaga kesehatan paru-paru lewat asupan makanan. Beberapa makanan tinggi nutrisi mampu membuat paru-paru sehat sehingga mampu bekerja maksimal. Sangat dianjurkan untuk penyitas Covid-19 yang masih alami gangguan pernafasan.

Sebut saja misalnya labu, kacang edamame bahkan cabai rawit terbukti memiliki kandungan alami yang membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Berikut beberapa makanan yang ampuh menjaga kesehatan paru-paru dan saluran pernafasan:


1. Labu


Labu kerap dijadikan olahan sup ataupun kolak. Selain enak dan teksturnya lembut, labu juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi yang berperan aktif menjaga kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan.

Dalam labu terkandung antioksidan seperti karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan ini dikenal dengan sifat anti-inflamasi sehingga meredakan peradangan.

Dilansir dari Healthline (27/8) sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar karotenoid yang tinggi dalam darah berkaitan dengan fungsi paru-paru. Semakin tinggi kadar karotenoid maka semakin baik kesehatan paru-paru. Hal ini berlaku bagi semua kalangan usia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com