5 Manfaat Sehat Minum Kopi Hitam, Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 05:00 WIB
Khasiat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Kopi hitam cocok untuk pelaku diet yang ingin turunkan berat badan. Ada banyak manfaat sehat secangkir kopi hitam yang rendah kalori.

Diet untuk turunkan berat badan sebenarnya tak perlu dengan program dan pola yang menyiksa. Banyak minuman enak dan sehat seperti kopi hitam contohnya, yang menyimpan banyak sekali manfaat sehat. Selain mengandung kalori rendah, tentunya tanpa gula dan susu.

Dalam satu cangkir kopi hitam, hanya mengandung sekitar 2 kalori saja. Selain itu kopi hitam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Food NDTV (25/08), berikut 5 manfaat sehat kopi hitam untuk turunkan berat badan.


Baca Juga: Pangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnya


1. Rendah Kalori

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffeeA cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

Dari data yang dihimpun United States Departement of Agriculture (USDA), satu cangkir kopi hitam ukuran normal hanya mengandung dua kalori saja. Tapi yang sering salah kaprah adalah, penggunaan bahan tambahan dalam kopi hitam.

Karena itu kopi hitam yang sudah dicampur dengan berbagai bahan tambahan ini justru memiliki jumlah kalori tak terlihat yang sangat banyak.

Contohnya dalam satu cangkir kopi, yang dicampur dengan gula, pemanis tambahan, susu, vanilla hingga sirup cokelat. Kalorinya dari yang hanya 2 kalori saja, bisa menjadi 700 kalori per cangkirnya.

2. Pangkas Lemak Berlebih Secara Alami

Gegara Ikut Tren Hidup Sehat, Pria 'Termalas' Ini Turun BB 30 Kilogram!Gegara Ikut Tren Hidup Sehat, Pria 'Termalas' Ini Turun BB 30 Kilogram! Foto: iStock

Jadi dorongan untuk menambah semangat di pagi hari, kopi hitam juga baik dikonsumsi secara teratur saat sarapan untuk mengurangi lemak. Karena kopi hitam bersifat sebagai pembakar lemak yang alami.

Dalam beberapa penelitian, kafein menstimulasi lemak cokelat atau brown fat. Brown fat merupakan jenis lemak yang membantu membakar kalori, untuk membuat tubuh tetap hangat.

Peneliti menyarankan untuk meminum kopi hitam tanpa gula, karena jenis kopi hitam memiliki kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi lainnya.

Dalam satu cangkir kopi hitam (270 gram) tanpa gula atau susu, hanya mengandung 1 kalori dan 0,3 protein. Sehingga minuman ini cocok diminum bagi orang yang sedang berdiet.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com