Hati-hati! 7 Pola Makan Ini Bisa Bikin Tubuh Gemuk

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 25 Agu 2021 06:00 WIB
Porsi kecil Foto: Istimewa

6. Makan Terlalu Cepat

Beberapa orang banyak yang sangat lahap saat menikmati sebuah makanan. Tetapi sebagian besar orang juga cenderung makan dengan lebih cepat sehingga hasil di kemudian hari justru lebih buruk.

"Makan dengan cepat seringkali menghasilkan lebih dari kenyang yang seharusnya kita rasakan. Reseptor perut butuh sekitar waktu 20 menit untuk mengkomunikasikan rasa kenyang; makan dengan cepat tidak memberikan tubuh waktu yang cukup untuk saling berkomunikasi sehingga dapat merujuk pada makan berlebih dan penambahan berat badan," kata Sarah Williams selaku pemilik Sweet Balance Nutrition.

7. Makan Sambil Nonton

Khusus Kaum Rebahan, Makan Pizza Sambil Nonton Netflix Digaji Rp 7 Juta!Foto: Freepik/Favim

Makan sambil menonton televisi dianggap menjadi kebiasaan makan yang paling buruk oleh ahli. Pasalnya makan dengan fokus pikiran kepada hal lain selain makanan dapat merujuk pada makan berlebihan sehingga asupan kalori yang masuk tidak dapat dikendalikan.

"Saat kamu tidak memperhatikan apa yang kamu makan dan seberapa banyak, kamu akan mengalami makan berlebihan. Walaupun kamu berpikir tidak memiliki waktu, setidaknya luangkan 10 hingga 15 menit untuk fokus makan," kata Laura Ali selaku ahli gizi.

Baca juga: Pola Makan Buruk Jadi Penyebab Kematian yang Tinggi di Dunia

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com